Terungkap, Gangguan Pendengaran Bisa Jadi Gejala Diabetes Tipe 2

Diana Rafikasari, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2021 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 481 2366743 terungkap-gangguan-pendengaran-bisa-jadi-gejala-diabetes-tipe-2-WtzjEObt2M.jpg Ilustrasi diabetes Tipe 2 bisa timbulkan gangguan pendengaran. (Foto: Evening Tao/Freepik)

GANGGUAN pendengaran bisa menjadi salah satu gejala diabetes tipe 2. Gangguan tersebut berupa kemampuan pendengaran hilang secara perlahan. Ini diduga akibat adanya kerusakan saraf pendengaran.

Seperti dikutip dari laman Express, Selasa (23/2/2021), memiliki gula darah tinggi yang berkepanjangan bisa memengaruhi suplai darah atau oksigen ke saraf dan pembuluh darah di dalam telinga.

Baca juga: Jus Tomat dan Teh Hitam Ternyata Ampuh Turunkan Gula Darah Penderita Diabetes 

Seiring waktu, pembuluh darah tersebut menjadi rusak hingga memengaruhi kemampuan pasien mendengar dengan baik. Diabetes telah dikaitkan dengan masalah pendengaran dalam berbagai penelitian.

Penelitian menunjukkan bahwa gangguan pendengaran dua kali lebih besar terjadi pada orang yang menderita diabetes dibandingkan mereka yang sehat. Peneliti telah menganalisis data dari tes pendengaran orang dewasa antara usia 20 dan 69 tahun.

Diabetes. (Foto: Boldsky)

Mereka menyimpulkan bahwa diabetes dapat menyebabkan gangguan pendengaran dengan merusak saraf dan pembuluh darah. Penelitian serupa menunjukkan kemungkinan adanya hubungan antara gangguan pendengaran dan kerusakan saraf.

"Beberapa orang mungkin mengalami gejala dan tanda diabetes yang lebih tidak biasa. Biasanya rentang dan kombinasi gejala yang berbeda yang akan dialami pasien sebelum didiagnosis dengan diabetes dan akan bervariasi dari kasus ke kasus," ungkap pakar kesehatan asal London dr Amy Bibby.

Baca juga: Catat, Ini 5 Olahraga yang Baik untuk Penderita Diabetes 

Pembuluh darah bisa rusak jika penderita gula darah tinggi. Kehilangan pendengaran bisa menjadi gejala pra-diabetes lain yang lebih tidak biasa terhadap mereka yang memiliki gula darah lebih tinggi.

"Ini karena pembuluh darah dan saraf telinga lebih mungkin rusak dan karena itu menyebabkan hilangnya pendengaran," jelasnya.

Diketahui bahwa gula darah tinggi dapat merusak pembuluh darah di seluruh tubuh, termasuk telinga. Jika menderita diabetes dalam waktu lama dan tidak terkontrol dengan baik, mungkin ada kerusakan pada jaringan pembuluh darah kecil yang luas di telinga.

Baca juga: Kim Kardashian dan Kanye West Cerai, Intip Harta Kekayaan Mereka

Bukti menunjukkan bahwa wanita dengan diabetes mungkin mengalami gangguan pendengaran lebih besar daripada mereka yang tidak menderita diabetes. Ini juga berlaku untuk wanita dengan diabetes yang terkontrol dengan baik.

Komplikasi lain dari diabetes adalah kerusakan saraf yang dapat memengaruhi saraf pendengaran yang menyebabkan gangguan pendengaran.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini