Tips Cegah Mata Tegang Akibat Lama Menatap Layar Komputer saat WFH

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2021 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 481 2366834 tips-cegah-mata-tegang-akibat-lama-menatap-layar-komputer-saat-wfh-QiVLw5ljxz.jpg Ilustrasi menatap layar komputer saat WFH. (Foto: Tirachardz/Freepik)

WORK from home (WFH) atau bekerja dari rumah dengan hanya menatap layar komputer sepanjang hari ternyata bisa menyebabkan mata tegang. Ini dapat menimbulkan tekanan pada sistem penglihatan yang membuat mata kering, mata gatal, sakit kepala, mata merah, atau masalah mata lainnya.

Bahkan seseorang yang tidak bekerja menggunakan komputer atau laptop akan selalu menggunakan ponsel untuk hiburan diri selama lockdown.

Baca juga: 6 Cara Alami Mengatasi Mata Kering, Salah Satunya Sering Berkedip 

Guna mencegah masalah mata tegang saat WFH tersebut, berikut cara menghindarinya, seperti dilansir laman Boldsky.

1. Istirahat

Bekerja terus-menerus selama berjam-jam bisa menyebabkan sakit mata, leher, dan bahu. Cegah masalah tersebut dengan istirahat sejenak dan sering. Istirahat singkat 4 sampai 5 menit saat bekerja membantu merilekskan mata dan mengurangi ketidaknyamanan. Ini juga meningkatkan produktivitas kerja dan lebih fokus.

Ilustrasi mata tegang akibat terlalu lama menatap layar komputer. (Foto: Yanalya/Freepik)

2. Sesuaikan pencahayaan

Pencahayaan yang tepat pada ruang kerja di rumah sangat penting untuk mengurangi ketegangan pada mata. Cahaya berlebih di dalam ruangan karena sinar matahari atau pencahayaan interior membuat tekanan berlebihan pada mata dan menyebabkan rasa sakit atau masalah penglihatan lainnya. Hal yang sama berlaku di lingkungan dengan cahaya rendah. Oleh karena itu, sangat penting bekerja dalam pencahayaan yang seimbang.

Baca juga: 6 Cara Cepat Sembuhkan Mata Sembap Usai Menangis 

3. Posisi layar

Saat bekerja dari rumah, pastikan untuk menyesuaikan layar komputer atau laptop dengan cara yang benar. Tempatkan perangkat sedikit di bawah (sekira 30 derajat) dari ketinggian mata Anda. Ini akan mengurangi tekanan pada mata serta mencegah menekuk leher dan bahu sehingga tidak menimbulkan atau mengurangi rasa sakit saat bekerja.

4. Gunakan layar anti-glare

Laptop dan komputer dengan layar anti-silau membantu mengontrol cahaya ekstra yang jatuh di atasnya. Jika tidak dipasang pada layar laptop akan menyebabkan ketegangan pada mata. Untuk mencegah silau, gunakan tirai untuk mengurangi sinar matahari di dalam ruangan atau gunakan lampu redup.

Baca juga: 5 Makanan Ini Ampuh Hilangkan Mata Panda, Yuk Sering Dikonsumsi 

5. Buat font menjadi besar

Ukuran font yang lebih besar cenderung mengurangi ketegangan pada mata saat bekerja. Jika ukuran font lebih besar, otomatis akan mengurangi ketegangan. Sesuaikan ukuran font, terutama saat membaca dokumen yang panjang. Kombinasi font berwarna hitam pada layar putih memberikan kenyamanan terbaik.

6. Berkedip sesering mungkin

Sering berkedip membantu melembapkan mata sehingga terhindar mata kering. Lupa mengedipkan mata menyebabkan masalah mata seperti mata kering, mata gatal, dan penglihatan yang berfluktuasi. Karena itu, biasakan berkedip 10 sampai 20 kali dalam 1 menit untuk mengurangi ketegangan pada mata.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini