5 Khasiat Air Beras untuk Kesehatan, Bisa Lancarkan Pencernaan Lho

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2021 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 481 2366848 5-khasiat-air-beras-untuk-kesehatan-bisa-lancarkan-pencernaan-lho-O84l2qj7Ci.jpg Air beras memberi banyak khasiat untuk kesehatan tubuh manusia. (Foto: Jcomp/Freepik)

AIR beras memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Air beras mengandung sejumlah asam amino sehat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang terbukti secara ilmiah bermanfaat bagi tubuh.

"Air beras setelah membuat nasi penuh dengan nutrisi. Ia memiliki vitamin B, vitamin C, dan banyak sekali mineral yang bermanfaat untuk tubuh. Jadi, tidak bijaksana membuang cairan yang begitu bergizi," kata Shilpa Arora, pelatih kesehatan dan ahli gizi asal India.

Baca juga: DIY Air Beras untuk Perawatan Rambut 

Tidak perlu dibuang lagi, berikut ini deretan khasiat air beras untuk kesehatan tubuh manusia, seperti dirangkum dari laman NDTV, Selasa (23/2/2021).

1. Melancarkan pencernaan

Minum air beras dapat meredakan penyakit pencernaan, seperti keracunan makanan, diare, bahkan gangguan pencernaan. Ahli gizi Rupali Dutta mengatakan, "Air beras mengandung banyak vitamin dan mineral dan prebiotik penting untuk kesehatan usus kita."

Air beras. (Foto: Jcomp/Freepik)

2. Meningkatkan energi dan mood

Air beras dapat mengisi kembali energi tubuh dan membuat suasana hati lebih baik. "Ini mengandung sejumlah karbohidrat yang memberi energi pada tubuh," ucap Dutta. Di banyak negara bagian selatan, orang memulai hari dengan air beras di pagi hari setelah puasa semalaman.

Baca juga: Air Beras Bisa Jaga Kesuburan Rambut Lho 

3. Tetap terhidrasi

Air beras adalah salah satu cara paling efektif untuk menghidrasi tubuh pada musim panas. "Ini adalah larutan rehidrasi alami yang baik sehingga dapat mencegah dehidrasi. Dengan memberi energi, air ini dapat digunakan untuk jenis infeksi, seperti muntah atau demam," saran Dutta.

4. Baik untuk pertumbuhan rambut

Menurut para ahli, membilas rambut dengan air beras akan membuatnya lebih berkilau, halus, dan memperkuat rambut, serta membantu menumbuhkan rambut lebih panjang.

Baca juga: Ini Cara Menggunakan Air Rebusan Beras untuk Turunkan Berat Badan 

5. Menjaga kulit sehat dan kenyal

Air beras dapat mengatasi masalah kulit seperti kering, pori-pori terbuka, dan jerawat. "Masukkan air beras ke baki es dan bekukan. Tambahkan juga mentimun. Oleskan es batu ini ke wajah sebagai toner. Es batu ini sangat bergizi untuk kulit Anda karena mengandung banyak nutrisi. Meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan kolagen. Mengandung vitamin A, C, dan K; mineral dan antioksidan yang bagus untuk kulit. Selain itu, air beras bagus untuk menjaga kulit tetap bersinar dan terhidrasi," jelas ahli nutrisi Shilpa Arora.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini