Hanya 5 sampai 10% Kanker Disebabkan Faktor Genetik

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2021 17:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 481 2367027 hanya-5-sampai-10-kanker-disebabkan-faktor-genetik-ceUJrE9xnY.jpg Kanker (Foto: Pixabay)

Menurut Globocan 2020, di Indonesia terdapat 65.858 kasus baru kanker payudara, dengan jumlah kematian akibat kanker payudara sebanyak 22.430 kasus.

Sementara itu, para ahli dari Lembaga Riset Kanker di Inggris menemukan bahwa kebanyakan kanker payudara dan kanker rektal dideteksi sepuluh tahun setelah tumbuh.

 pasien kanker

Sementara itu sebuah studi yang diterbitkan dalam Lancet Public Health dari American Cancer Society selama 20 tahun terakhir menunjukkan terjadi peningkatan tajam pada kejadian kanker pada mereka yang berusia 25 sampai dengan 49 tahun, khususnya yang mengalami obesitas.

Wakil Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, Ibu Murniati Widodo AS mengatakan, hanya 5 sampai 10% kanker yang diakibatkan oleh faktor genetik, sedangkan selebihnya disebabkan oleh lingkungan dan pola hidup.

"Oleh sebab itu, merupakan suatu keharusan bagi generasi milenial untuk waspada terhadap kanker, dengan melakukan pencegahan dan deteksi dini kanker. Sebab pola hidup generasi milenial saat ini dapat menentukan kondisi kesehatan mereka 10 hingga 20 tahun mendatang," tuturnya dalam Webinar Care For Cancer pada Selasa (23/2/2021).

Sementara itu, Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Konsultan Hematologi Onkologi Medis Dr. Nadia Ayu Mulansari, SpPD, KHOM mengatakan, kebanyakan pasien kanker datang pada stadium lanjut. Padahal jika kanker dideteksi dini maka tingkat kesembuhannya akan semakin tinggi.

"Untuk itu, masyarakat, termasuk generasi milenial perlu mengetahui cara mendeteksi dini. Misalnya, untuk deteksi dini kanker payudara, bisa melakukan SADARI (periksa payudara sendiri) serta tes USG atau tes mammografi, dan kanker leher rahim dengan tes papsmear," jelasnya.

Lebih penting lagi, lanjut dokter Nadia, adalah mencegah terjadinya kanker sejak usia muda dengan pola hidup sehat, tidak makan makanan yang diolah, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, dan berolahraga secara teratur.

Dr. Nadia menambahkan, ciri-ciri yang perlu diwaspadai pada payudara adalah jika terdapat benjolan pada bagian dalam bagian dalam payudara (bisa menempel atau tidak), tidak bergerak, keluarnya cairan dari puting payudara, hingga terjadi hal yang tidak biasa pada kulit payudara, seperti ruam, kulit payudara tertarik dan bersisik, baik pada area sekitar payudara atau pada puting.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini