Setelah Divaksin, Masyarakat Dilarang Abai Terapkan Protokol Kesehatan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2021 17:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 481 2367048 setelah-divaksin-masyarakat-dilarang-abai-terapkan-protokol-kesehatan-zXl3W49EmF.jpg Ilustrasi vaksin covid-19. (Foto: Jcomp/Freepik)

PEMERINTAH Indonesia sudah melakukan vaksinasi covid-19 secara massal kepada masyarakat sejak 13 Januari 2021. Melalui penyuntikan vaksin ini diharapkan dapat menekan risiko persebaran covid-19 di Tanah Air, tapi tentunya juga diiringi protokol kesehatan secara ketat. 

Juru Bicara Program Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi MEpid, mengatakan masyarakat yang sudah divaksin tidak boleh abai terhadap protokol kesehatan. Sebab, vaksin tidak sepenuhnya menjamin seseorang terbebas dari covid-19.

Baca juga: Adakah Layanan Door to Door Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia? 

"Meskipun sudah divaksinasi, masih ada risiko terpapar virus covid-19, namun diharapkan tidak sampai sakit berat. Untuk itu, setelah divaksinasi tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan," terang dr Siti Nadia Tarmizi, seperti dikutip dari unggahan akun Instagram Kemenkes @kemenkes_ri, Selasa (23/2/2021).

Menurut dia, selain menjaga diri sendiri, masyarakat secara bersama-sama juga harus mencapai kekebalan kelompok. Alhasil upaya 3M, 3T, dan vaksinasi harus tetap dijalankan secara bersamaan.

Baca juga: Kemenkes: Belum Ada Efek Samping Signifikan dari Vaksinasi Covid-19 

Senada, Ketua Komnas Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (KIPI) Profesor Dr dr Hindra Irawan Satari juga menjelaskan tentang fungsi utama vaksin. Pasalnya, masih banyak masyarakat yang salah paham terhadap fungsi vaksinasi covid-19.

"Untuk memberikan perlindungan yang optimal, vaksinasi harus berjalan beriringan dengan protokol kesehatan yang ketat. Vaksinasi itu tidak menjamin 100 persen (tidak akan tertular), namun sebagai upaya tambahan untuk mengurangi risiko terpapar atau terinfeksi," tandasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini