5 Cara Sederhana Jaga Kesehatan Kuku, Salah Satunya Minum Cukup Air

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Rabu 24 Februari 2021 04:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 481 2367144 5-cara-sederhana-jaga-kesehatan-kuku-salah-satunya-minum-cukup-air-GGUujiXqMo.jpg Ilustrasi kuku sehat. (Foto: Valuavitaly/Freepik)

SEJUMLAH hal bisa membuat kuku rusak, mulai lingkungan hingga paparan bahan kimia. Keadaan ini harus dicegah untuk menjamin kesehatan kuku.

Beberapa masalah kesehatan kuku seperti anemia, penyakit tiroid dan aterosklerosis juga dapat memengaruhi kesehatan kuku.

Baca juga: 5 Tips Menggunakan Cat Kuku agar Awet 

Seperti kulit tubuh, merawat kuku merupakan hal penting. Tidak perlu manikur, Anda bisa menerapkan hal-hal sederhana berikut ini untuk mencegah kerapuhan atau kerusakan kuku.

Apa saja cara tersebut? Berikut penjelasannya, seperti dipaparkan laman Healthsite.

Kuku. (Foto: Freepik)

1. Jaga kuku tetap bersih dan kering

Bersihkan kuku secara teratur untuk menghentikan perkembangbiakan kuman dan bakteri. Ini juga akan mencegah penumpukan kotoran di bawah kuku. Anda juga harus menghindari merendam tangan karena dapat membuat kuku mudah lemah dan rapuh.

2. Tetap terhidrasi

Minum cukup air merupakan cara ampuh menjaga kesehatan tubuh, termasuk mencegah kuku rusak. Pasalnya, dehidrasi bisa membuat kuku rapuh dan mudah patah.

Baca juga: Penelitian Ungkap Gejala Covid-19 Bisa Diketahui dari Kuku dan Daun Telinga 

3. Diet yang benar

Pastikan Anda mengonsumsi makanan sehat, mengandung vitamin dan mineral. Tambahkan kalsium, vitamin E, protein, zat besi, seng, vitamin D, serta magnesium untuk memperkuat kuku.

4. Gunakan pelembap

Pilih krim tangan, krim kutikula, atau minyak pelembap untuk menjaga kesehatan kuku serta kutikula.

Baca juga: Beautypedia, Apa Itu Aseton? 

5. Rapikan kuku secara teratur

Sama seperti rambut, Anda perlu memotong kuku secara teratur agar tetap sehat. Pertahankan kuku pada sisi yang lebih pendek karena kuku panjang lebih mungkin terkelupas atau retak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini