4 Khasiat Minyak Zaitun untuk Kecantikan, Bisa sebagai Sunblock

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 24 Februari 2021 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 481 2367147 4-khasiat-minyak-zaitun-untuk-kecantikan-bisa-sebagai-sunblock-w81S8jYWhE.jpg Minyak zaitun memberi banyak khasiat untuk kecantikan. (Foto: Racool Studio/Freepik)

MINYAK zaitun tidak hanya digunakan untuk memasak, tapi bisa juga diterapkan dalam rutinitas kecantikan. Minyak ini dapat membuat kulit bercahaya hingga rambut berkilau. Pasalnya, minyak zaitun penuh dengan antioksidan dan vitamin yang dapat memberi kelembapan.

Ahli kecantikan Bella Middleton mengatakan ada empat cara menggunakan minyak zaitun untuk rutinitas kecantikan, yakni dalam mendapatkan kulit dan rambut yang sehat.

Baca juga: Beautypedia, Cara Kerja Minyak Zaitun untuk Kulit Anda 

Ia mengatakan, minyak zaitun yang digunakan harus extravirgin dan perasan dingin.

"Banyak minyak zaitun yang tersedia secara komersial diekstraksi dengan bahan kimia dan tidak akan mengandung oleocanthal yang merupakan kekuatan rahasianya," ungkap dia.

Sebagaimana dilansir laman Express, berikut empat cara menggunakan minyak zaitun untuk rutinitas kecantikan.

Minyak zaitun. (Foto: Stevepb/Pixabay)

1. Sebagai minyak rambut

Tidak semua minyak baik untuk rambut, tetapi minyak tak jenuh tunggal seperti minyak zaitun dapat diserap oleh rambut. Minyak zaitun memang berat dan akan membebani rambut yang tipis serta membuatnya terlihat berminyak, tetapi retasan ini bisa digunakan untuk orang-orang dengan rambut yang kasar atau terlalu kering.

"Minyak zaitun akan bekerja dengan sangat baik untuk mengurangi rambut kusut dan kerusakan," kata Bella.

Baca juga: Gunakan Minyak Zaitun untuk Pijat, Perhatikan Caranya yang Benar 

2. Sebagai pelembap

Minyak zaitun adalah pelembap yang bagus untuk kulit kasar dan ekstrakering, tetapi tidak disarankan mengoleskannya ke seluruh wajah. Bella menyarankan hanya menggosokkan sedikit minyak zaitun extravirgin ke bagian kulit yang kasar.

"Tuang satu sendok teh minyak zaitun extravirgin dan pijat ke area tersebut setiap malam untuk menenangkan kulit lembut," tuturnya.

3. Sebagai sunblock

Kulit terbakar akibat paparan sinar matahari membutuhkan waktu untuk sembuh, tetapi minyak zaitun dapat membantu kulit yang terbakar memperbaiki dirinya sendiri. Bisa mengoleskannya langsung pada area yang terbakar.

"Minyak zaitun extravirgin memiliki khasiat penyembuhan yang luar biasa, mengandung senyawa polifenol yang membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak," jelas Bella.

Baca juga: Rambut Berketombe Atasi Pakai Minyak Zaitun, Begini Caranya 

4. Sebagai penghapus riasan

Saat ini micellar water atau penghapus riasan lainnya masih tergolong mahal. Sebagai gantinya, gunakan minyak zaitun untuk membersihkan alas bedak, concealer, dan riasan mata dari kulit.

"Oleskan minyak extravirgin ke wajah (Anda bahkan bisa menggunakannya untuk menghilangkan mascara waterproof) dan bersihkan dengan kain muslin (bilas dengan air panas untuk membersihkan)," jelas Bella.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini