Beautypedia, Apa Itu SPF?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 24 Februari 2021 04:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 611 2367011 beautypedia-apa-itu-spf-HaN8CDsjwt.jpg Pakai tabir surya dengan SPF 30 (Foto: Shobiz Cheat Sheet)

Bagi mereka yang gemar menggunakan produk perawatan kulit alias skincare, tentunya kata SPF sudah tak asing lagi di telinga. Bahkan, beberapa dari mereka lebih memilih untuk menggunakan produk dengan kandungan SPF yang lebih tinggi.

Ini karena mereka percaya bahwa semakin tinggi kadar SPF maka akan semakin efektif saat digunakan. Memangnya, apa sih SPF itu?

 pakai tabir surya SPF 30

Melansir Healthline, SPF adalah singkatan dari sun protection factor. Ini adalah indikasi seberapa baik suatu produk akan benar-benar melindungi Anda dari sinar ultraviolet B (UVB) matahari.

Nomor SPF memberi tahu Anda jumlah waktu yang dibutuhkan kulit untuk memerah setelah terpapar sinar matahari dengan perlindungan dibandingkan dengan jumlah waktu tanpa perlindungan.

Jika digunakan tepat sesuai petunjuk, produk dengan SPF 30 akan menyerap sinar matahari 30 kali lebih lama untuk membakar kulit dibandingkan kulit yang langsung terpapar tanpa perlindungan. Produk dengan SPF 50 akan membutuhkan waktu 50 kali lebih lama.

Menurut Skin Cancer Foundation, produk dengan SPF 30 memungkinkan sekitar 3 persen sinar UVB mengenai kulit Anda, dan produk dengan SPF 50 memungkinkan sekitar 2 persen.

Terlepas dari hal tersebut, biasanya dokter akan merekomendasikan produk skincare yang menawarkan SPF 30 atau lebih tinggi, guna memberikan perlindungan spektrum yang luas, serta tahan air untuk memberikan perlindungan yang lebih lama terhadap paparan sinar UV.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini