Heboh Fenomena Baikal Zen, Batu "Mengambang" di Atas Danau Tertua Dunia

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2021 10:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 612 2366696 heboh-fenomena-baikal-zen-batu-mengambang-di-atas-danau-tertua-dunia-PBSdaBkDeK.jpg Muncul fenomena langka batu mengambang Baikal Zen di danau tertua dunia. (Foto: Wirestock/Freepik)

SAAT musim dingin, muncul fenomena langka di Danau Baikal. Kejadian ini dikenal sebagai Baikal Zen, yakni ketika batu-batu besar terlihat "mengambang" di atas tumpukan es tipis di atas permukaan danau, ini membuatnya tampak seperti melayang di udara.

Seperti dilansir laman Oddity Central, Danau Baikal di Rusia merupakan daerah perairan dengan ukuran yang sangat besar dan seringkali disalahartikan sebagai laut. Danau ini juga merupakan salah satu danau terdalam dan tertua di Bumi, serta danau air tawar terbesar yang pernah ada.

Baca juga: Viral! Reporter TV Dirampok saat Siaran LangsungĀ 

Selain fakta menarik tersebut, beberapa fakta lain yang paling terkenal tentang Danau Baikal, yaitu terdapat hal-hal misterius yang terjadi di sana. Sebuah fenomena langka yang dikenal sebagai Baikal Zen atau kerikil besar mirip Zen terlihat seimbang di atas pilar es tipis yang terdapat pada permukaan danau yang membeku.

Danau Baikal di Rusia. (Foto: Wirestock/Freepik)

Para ilmuwan juga sudah berkali-kali mempelajari penemuan aneh ini dan mengklaim masih belum memahami apa pun tentang hal tersebut. Fenomena langka Baikal Zen yang beredar luas di internet melalui foto-foto yang ada sudah viral sejak sekira 4 tahun lalu.

Baca juga: Viral Pria 7 Tahun Keliling 194 Negara Tanpa Naik Pesawat TerbangĀ 

Foto-foto yang menunjukan keanehan tentang batu tersebut pada awalnya membuat orang-orang menghiraukannya dan menganggap hanya berupa manipulasi digital. Namun setelah sekian lama peristiwa ini terjadi berulang-ulang, orang-orang mulai memercayainya.

Hal ini dikarenakan fenomena alami semacam itu terbentuk di atas permukaan Danau Baikal, selama musim dingin, tetapi hal ini akan terjadi hanya pada kondisi tertentu. Awalnya, Batu Zen datar ini membeku di permukaan danau, kemudian dipanaskan oleh sinar matahari, sampai pada titik di mana es di bawahnya mulai mencair.

Namun, panas bukanlah satu-satunya penyebab fenomena ini terjadi, angin kencang yang bertiup di Danau Baikal juga berperan besar dalam pembentukan Baikal Zen dan mencegah proses mencairnya pilar utama es tersebut. Jadi karena sebagian besar es di bawah bebatuan meleleh karena panas, menciptakan permukaan cekung, pilar utama es tersebut tidak mencair dan berfungsi sebagai penyangga.

Baca juga: Keuntungan Jadi Vegetarian, Sayangi Diri dan Lingkungan

Lalu yang paling aneh, bagaimana Batu Zen ini bisa sampai di permukaan danau? Menurut fotografer Rusia, Elena Vtorushina, yang mengambil beberapa foto fenomena langka Baikal Zen pada 2018, batu itu tertiup angin kencang menuju arah es dan akhirnya membeku di tempat itu.

Dikarenakan kejadian menakjubkan ini hanya terjadi selama beberapa waktu, banyak orang sangat tertarik mengabadikan momennya di sana dalam waktu cukup lama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini