Diare hingga Nyeri Otot, Kenali Tanda-Tanda Anda Harus Tes Covid-19

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2021 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 612 2366723 diare-hingga-nyeri-otot-kenali-tanda-tanda-anda-harus-tes-covid-19-Y9r7HF7DT4.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PENYAKIT Covid-19 merupakan salah satu penyakit yang tanda-tandanya sangat beragam. Hal ini mungkin membuat masyarakat bingung apakah mereka mengalami sakit biasa, ataukah itu merupakan gejala Covid-19.

Karenanya, agar tidak bingung, berikut tanda-tanda awal yang menunjukkan bahwa Anda terpapar Covid-19, sebagaimana dilansir Times of India.

Diare

Seringkali dianggap sebagai tanda Covid-19 yang parah, beberapa penelitian telah mengamati bahwa diare dan infeksi saluran cerna dapat menjadi tanda-tanda yang mengkhawatirkan bahwa SARS-COV-2 dapat menyebar ke usus, dan mungkin memengaruhi sistem pencernaan.

Diare adalah gejala umum Covid-19 yang belum banyak diketahui orang. Infeksi saluran cerna juga bisa hadir dalam bentuk kram perut, kehilangan nafsu makan, masalah gangguan pencernaan, mual, muntah dan nyeri.

Dalam banyak kasus, itu juga bisa berkembang biak menjadi masalah seperti ketidakseimbangan metabolisme, penurunan berat badan dan menjadi tanda kekhawatiran. Karena itu, jika Anda tidak punya alasan untuk mencurigai adanya infeksi terkait makanan, dan mengalami gejala lain yang diketahui, segera lakukan tes.

Kelelahan dan pusing yang tidak biasa

Kelelahan bukan hanya gejala Covid-19 yang bertahan paling lama, tetapi juga bisa bertindak sebagai satu-satunya tanda virus corona yang mungkin ditunjukkan beberapa orang.

Para ahli sekarang mencatat gelombang orang mengunjungi rumah sakit mengeluh kelelahan kronis, tinggi dan tidak biasa tidak seperti yang lain. Karenanya, tanda ini menuntut penilaian.

Kelelahan biasanya merupakan penyebab replikasi virus di dalam tubuh, atau efek samping dari penyakit virus yang mungkin dihadapi tubuh. Dengan cara yang sama, mengalami pusing yang tiba-tiba juga bisa menjadi tanda kekhawatiran selama pandemi.

Tidak seperti gejala khas lainnya, pusing atau pingsan bisa jadi menunjukkan tanda-tanda manifestasi neurologis yang terkait dengan Covid-19, yang berarti bisa berbahaya jika tidak ditangani.

Sakit tenggorokan

Demam dan batuk bukan satu-satunya tanda kemungkinan infeksi. Bisa saja virus tersebut menyerang saluran pernafasan dan Anda hanya menunjukkan gejala seperti sakit tenggorokan.

Sakit tenggorokan, yang biasanya merupakan tanda alergi atau infeksi musiman, juga dapat menyerang pasien Covid-19. Oleh karena itu, jika Anda mengalami sakit tenggorokan yang berkepanjangan, suara yang kasar, sesak napas atau kesulitan saat menelan makanan, mungkin itu pertanda Anda harus menjalani tes Covid-19 sesegera mungkin.

Jika infeksi musiman tidak mengganggu Anda, tes Covid-19 mungkin bisa menjadi petunjuk penyebab sakit tenggorokan Anda. Ingat, itu bisa saja memiliki alasan mendasar lain juga, tetapi tes akan menghilangkan rasa takut.

Nyeri otot

Myalgia adalah hasil dari kerusakan yang disebabkan oleh virus pada serat otot dan lapisan jaringan penting. Nyeri otot dan peradangan juga bisa terjadi akibat sitokin, yang merupakan tanda yang mengganggu dari reaksi auto-imun.

Nyeri otot bisa menjadi tanda infeksi Covid-19 yang parah dan bisa menyerang Anda tanpa gejala klasik. Karena itu juga terlihat dengan mutasi yang lebih baru dalam sirkulasi, pendekatan yang lemah sebaiknya dihindari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini