Rawat Pasien Covid-19 Isolasi Mandiri, Ingat 6 Hal Ini Ya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2021 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 612 2366925 rawat-pasien-covid-19-isolasi-mandiri-ingat-6-hal-ini-ya-PhnjenDVGK.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MESKI vaksinasi Covid-19 sudah berjalan, angka penularan Covid-19 masih terbilang tinggi. Terlebih saat ini muncul virus corona varian baru yang menyebar di Inggris dan diketahui lebih cepat menular 70 persen dibanding sebelumnya.

Karenanya, pihak rumah sakit pun mengelompokkan pasien terinfeksi Covid-19 berdasarkan prioritas. Ini dilakukan karena terbatasnya ruang isolasi di rumah sakit. Akibatnya, mereka yang terinfeksi namun tidak bergejala disarankan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

Saat sedang menjalankan isolasi, salah satu anggota keluarga diperbolehkan merawat namun dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Melansir Independent, berikut cara merawat anggota keluarga yang terpapar Covid-19 saat melakukan isolasi mandiri di rumah.

Kenakan masker

Bahkan ketika Anda membuatkan makanan untuk si pasien, Anda tetap diharuskan menggunakan masker. Menggunakan masker terutama saat Anda berinteraksi dengannya sangat penting dilakukan guna melindungi diri Anda dan orang yang Anda rawat.

“Ini karena virus bisa menyebar melalui droplet dan aerosol,” jelas Dr Penny Ward, ketua Komite Pendidikan dan Standar Fakultas Kedokteran.

Jaga kesehatan mental mereka

Ketika Anda atau seseorang yang tinggal bersama Anda terkena virus corona, artinya Anda tidak dapat meninggalkan rumah untuk berolahraga atau berbelanja makanan atau apa pun, selain dalam keadaan darurat seperti mencari perawatan medis.

Mengingat dampak yang ditimbulkan pada kesehatan mental seseorang, sangat penting untuk mengambil langkah-langkah untuk memantau hal ini. Organisasi Every Mind Matters menyarankan untuk tetap berhubungan dengan keluarga dan teman melalui telepon atau video call agar saat sedang dalam masa karantina.

Bawakan mereka makanan dan air secara teratur

Sangat penting untuk tidak makan pada waktu yang sama dengan seseorang yang mengidap virus corona karena ini akan lebih sulit untuk mencegah penularan. Seseorang dengan Covid-19 harus mencoba untuk tinggal di satu ruangan di rumah, penting bagi siapa pun yang tinggal di sana untuk membawakan mereka makanan dan air secara teratur.

"Jangan makan bersama, tetapi siapkan makanan mereka di jam yang sama, dan tinggalkan mereka saat makan," tutur Dr. Ward seperti dilansir dari Independent.

Bersihkan ruangan secara teratur

“Semua permukaan yang disentuh harus sering dibersihkan dengan disinfektan,” kata Dr. Ward.

Ini tidak hanya akan mencegah orang dengan Covid-19 menyebarkan penyakit kepada orang lain di dalam rumah, tetapi menjaga kebersihan rumah juga akan membantu memberikan rasa aman saat anggota keluarga diisolasi bersama.

isolasi mandiri

Obat hanya ketika mereka membutuhkannya

Di situs NHS, terdapat beberapa tips untuk mengelola gejala virus corona di rumah yang dapat berguna jika Anda sedang merawat seseorang yang tidak sehat akibat serangan virus tersebut.

Selain memastikan bahwa mereka banyak istirahat dan minum banyak cairan, NHS juga menyarankan untuk membawa parasetamol dan / atau ibuprofen jika mereka merasa tidak nyaman. Jika mereka batuk, Anda juga dapat mencoba membawakan mereka sirup obat batuk atau memberi mereka satu sendok teh madu.

Cari bantuan medis jika diperlukan

Dalam beberapa kasus, mungkin perlu mencari dukungan medis ketika Anda merawat anggota keluarga yang terpapar Covid-19. Jangan ragu untuk menghubungi layanan darurat sesuai area di mana Anda tinggal guna mendapat perawatan intensif bagi anggota keluarga yang terinfeksi virus tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini