Tips Supaya Nyaman saat Melakukan Pertemuan Virtual

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2021 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 612 2367115 tips-supaya-nyaman-saat-melakukan-pertemuan-virtual-d3g5DkD6Tc.jpg Ilustrasi pertemuan virtual. (Foto: Chris Montgomery/Unsplash)

PERTEMUAN virtual merupakan salah satu kegiatan yang banyak dilakukan di masa pandemi covid-19 ini. Pasalnya, pertemuan virtual menjadi cara komunikasi yang lebih efektif dalam rangka menjaga jarak sosial mencegah persebaran wabah penyakit.

Namun ternyata ada sejumlah masalah yang muncul dalam pertemuan virtual ini. Salah satunya kurang nyaman ketika melakukan komunikasi dengan semua orang di dalam layar.

Baca juga: Unik, Pesta Pernikahan Virtual dengan Teknologi Green Screen 

Nah, berikut ini tips supaya merasa nyaman ketika melakukan pertemuan virtual, seperti dipaparkan laman Times of India.

1. Membuat kontak mata

Melakukan kontak mata adalah bagian penting dari suatu hubungan, termasuk saat melakukan pertemuan secara vurtual. Saat Anda coba memahami sesuatu, secara naluriah akan menatap mata seseorang. Oleh karena itu, menjaga kontak mata di pertemuan virtual akan membuat percakapan berjalan lancar dan nyaman.

Ilustrasi pertemuan virtual. (Foto: The Verge)

2. Bicaralah dengan tangan

Menggerakkan tubuh akan memberikan pemahaman yang lebih dinamis tentang apa yang sedang disampaikan. Untuk menghidupkan komunikasi digital, coba setel kamera sedikit di atas meja, sehingga tubuh bagian atas terlihat.

Periksa juga untuk melihat apakah tangan Anda melampaui batas layar. Jika demikian, gerakkan kamera sedikit ke belakang. Supaya terkesan tidak kaku, dan lebih santai.

Baca juga: Viral, Wanita Cantik Ini Ternyata Model Virtual 

3. Latih postur tubuh

Kemudian latih postur tubuh. Jaga bahu ke belakang dan lengan terbuka saat duduk di depan meja, atau menghadap layar. Luruskan punggung, karena itu akan memberi sedikit rasa percaya diri.

Duduk dengan benar tidak hanya diperlukan untuk terlihat lebih percaya diri di depan layar saja, tetapi juga ideal untuk menghilangkan semua jenis nyeri pada tubuh.

4. Menjadi pendengar aktif

Lakukan tindakan kecil untuk menunjukkan bahwa Anda benar-benar mendengarkan seseorang dan mengikutinya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini