5 Tanda yang Menunjukkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda Lemah

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 24 Februari 2021 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 24 481 2367520 5-tanda-yang-menunjukkan-sistem-kekebalan-tubuh-anda-lemah-QEKWh73wyh.jpg Ilustrasi sistem kekebalan tubuh sedang lemah. (Foto: Jcomp/Freepik)

SISTEM kekebalan tubuh manusia terdiri dari sel darah putih, kelenjar getah bening, dan antibodi yang membantu melawan infeksi eksternal. Jika kekebalan tubuh lemah, maka akan lebih mudah terserang penyakit.

Terlebih lagi di masa pandemi covid-19, mengetahui apakah sistem kekebalan tubuh Anda kuat atau lemah sangat penting dilakukan. Sebab jika terbukti lemah, Anda dapat segera mencari pertolongan medis dan memperbaikinya.

Baca juga: Mengonsumsi Keju Bantu Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh 

Seperti dilansir laman Times of India, Rabu (24/2/2021), berikut lima tanda yang menunjukkan sistem kekebalan tubuh Anda lemah.

Ilustrasi stres. (Foto: Jcomp/Freepik)

1. Sangat stres

Tingkat stres yang tinggi dapat menurunkan keefektifan sistem kekebalan tubuh dan membuat Anda rentan terkena infeksi. Lekas marah yang berlebihan juga merupakan tanda dari sistem kekebalan tubuh lemah.

2. Sering terinfeksi

Jika Anda menderita lebih dari lima infeksi telinga, sinusitis bakteri kronis, lebih dari dua pneumonia, atau membutuhkan lebih dari tiga rangkaian antibiotik dalam setahun, maka perlu berkonsentrasi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca juga: Konsumsi 6 Makanan Ini Jaga Kekebalan Tubuh, Tak Gampang Sakit Selama Pandemi 

3. Rentan terkena flu

Jika Anda menderita lebih dari dua hingga tiga kali flu setiap tahun, maka perlu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lalu jika membutuhkan lebih dari dua hingga empat hari untuk pulih, itu pertanda sistem kekebalan tubuh sedang lemah.

4. Kelelahan

Sistem kekebalan yang lemah dapat membuat Anda merasa lesu sepanjang hari, tidak peduli seberapa baik istirahat yang dilakukan. Sistem kekebalan yang terganggu membuat Anda merasa lelah.

Baca juga: Ditemukan 2 Varian Baru Covid-19 Bergabung Membentuk Versi Hibrida

5. Nyeri sendi

Nyeri sendi yang berulang dapat menyebabkan kekebalan tubuh lemah. Anda mungkin juga mengalami wajah bengkak, sendi kaku, dan nyeri akibat peradangan pada lapisan dalam sendi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini