Vaksin Merah Putih Ditargetkan Siap Edar November 2022

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 24 Februari 2021 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 24 481 2367524 vaksin-merah-putih-ditargetkan-siap-edar-november-2022-pJAOYmT2n7.jpg Vaksin Covid-19 (Foto: USA Today)

Koordinator Satgas Lawan Covid-19 sekaligus Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, Vaksin Merah Putih saat ini masih dalam progres penyelesaian uji coba. Ditargetkan pada November 2022 sudah siap diedarkan.

"Kita lihat on progres, dan diharapkan November 2022 itu sudah bisa mengisi kesinambungan proses vaksin yang ada di negara kita," ujarnya saat kunjungan di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Jakarta, Rabu (24/2/11).

 Vaksin Covid-19

Ia melanjutkan, sementara waktu Indonesia masih belum bisa terlepas dari vaksin dari luar. Di mana vaksin yang dimaksud adalah Sinovac berasal dari China.

Dasco bilang, saat ini Indonesia sedang berusaha untuk membuat vaksin sendiri. Namun masih dalam proses pengujian layak pakai dan edar di BPOM.

"Memang untuk sementara waktu tidak (belum) bisa lepas vaksin dari luar negeri. Tapi yakin dan percaya, vaksin itu akan melalui proses yang sangat mendalam di BPOM, sehingga aman sebelum diedarkan," terangnya.

Sementara itu untuk Vaksin Nusantara, juga masih dalam tahap pemeriksaan dan akan dilakukan kajian-kajian oleh BPOM lebih lanjut, sebelum melalui fase berikutnya.

Kepala BPOM RI Penny Lukito mengatakan, Vaksin Nusantara saat ini tengah dalam tahapan awal. Serta telah dikomunikasikan dengan tim peneliti.

"Mungkin ada proses, masih akan didiskusikan dengan tim peneliti. Nanti akan ada waktunya, akan disiapkan kepada masyarakat," pungkasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini