Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Rabu 24 Februari 2021 23:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 24 481 2367723 jarang-diketahui-ini-7-manfaat-daun-mangga-untuk-kesehatan-j4ohIaoFkP.jpg Daun mangga memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. (Foto: Jcomp/Freepik)

BANYAK orang sangat menyukai buah mangga. Mereka sangat menikmati ketika memakan daging buah mangga. Namun siapa sangka, ternyata daun mangga juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, dan ini jarang diketahui.

Daun mangga mengandung vitamin C, B, dan A. Selain itu kaya berbagai nutrisi lainnya. Daun mangga juga memiliki antioksidan yang kuat karena adanya flavonoid dan fenol yang tinggi.

Baca juga: Buah-buahan Ini Baik Dikonsumsi saat Musim Hujan, Tingkatkan Kekebalan Tubuh 

Daun mangga dapat direbus dalam air atau dijadikan bubuk. Antioksidan dan antimikroba dalam daun mangga dapat mengobati berbagai penyakit secara efektif.

Lalu apa saja manfaat lain dari daun mangga? Berikut penjelasannya, seperti dilansir laman NDTV.

Daun mangga. (Foto: Wirestock/Freepik)

1. Mengatur diabetes

Daun pohon mangga mengandung tanin yang disebut antosianidin. Ini bisa mengobati diabetes tahap awal. Daunnya dikeringkan dan dijadikan bubuk, atau direbus untuk perawatan yang sama. Ini juga mengobati angiopati diabetik dan retinopati diabetik. Rendam daun mangga dalam secangkir air semalaman. Saring dan minum air ini untuk membantu meringankan gejala diabetes. Juga mengobati hiperglikemia.

2. Menurunkan tekanan darah

Daun mangga menurunkan tekanan darah karena memiliki sifat hipotensi. Daun ini bisa memperkuat pembuluh darah dan mengobati masalah varises.

Baca juga: 7 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Rambut, Kulit, hingga Kuku 

3. Mengatasi kegelisahan

Daun mangga bisa menjadi obat rumahan untuk mengatasi kegelisahan akkibat kecemasan. Tambahkan sedikit daun mangga ke air mandi untuk membantu merilekskan dan menyegarkan tubuh.

4. Mengobati empedu dan batu ginjal

Daun mangga mengobati batu ginjal dan batu kandung empedu. Mengonsumsi bubuk daun mangga yang ditumbuk halus dengan air yang disimpan dalam gelas semalaman setiap hari dapat memecahkan batu dan membuangnya.

Baca juga: 5 Manfaat Durian untuk Kesehatan, Apa Saja Ya? 

5. Menyembuhkan masalah pernapasan

Daun mangga bagus untuk semua jenis masalah pernapasan. Daun ini berguna bagi penderita pilek, bronchitis, dan asma. Minum rebusan daun mangga dengan sedikit madu, bisa membantu menyembuhkan batuk secara efektif. Ini juga memulihkan suara yang hilang.

6. Mengobati disentri

Daun mangga mengobati disentri berdarah. Daun mangga yang dikeringkan di tempat teduh dan menjadi bubuk, diminum dengan air dua hingga tiga kali sehari untuk menghentikan disentri.

7. Menyembuhkan luka bakar

Obat ini dapat menyembuhkan luka bakar dengan mengoleskan bubuk daun mangga ke area yang terluka. Ini untuk menenangkan kulit dan membawa kelegaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini