Tips Bikin Keripik Kentang Jadi Lebih Sehat untuk Tubuh

Diana Rafikasari, Jurnalis · Rabu 24 Februari 2021 21:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 24 481 2367817 tips-bikin-keripik-kentang-jadi-lebih-sehat-untuk-tubuh-h2W3MKw8Kc.jpg Ilustrasi keripik kentang. (Foto: Topntp26/Freepik)

KERIPIK kentang selama ini identik dengan makanan kurang sehat. Sebab, terkandung banyak kalori di dalam keripik kentang. Sebanyak 100 gram keripik kentang memiliki sekira 536 kalori. Ini mungkin saja bisa membuat berat badan bertambah. Tapi bisakah keripik kentang diubah menjadi lebih sehat?

Ternyata hal tersebut bisa saja diwujudkan. Terdapat tiga cara membuat keripik kentang jadi lebih sehat untuk tubuh. Masing-masing adalah memanggang, pan tossing, dan menggunakan microwave yang membantu mengurangi jumlah kalori tanpa mengurangi rasanya.

Baca juga: Cara Membuat Keripik Tempe yang Renyah 

Bagaimanapun, karbohidrat dalam kentang akan tetap ada, tetapi penggunaan lebih sedikit minyak membuat keripik kentang jauh lebih sehat dibanding yang dalam bentuk kemasan atau goreng.

Langsung saja, yuk disimak tips membuat keripik kentang jadi makanan sehat, sebagaimana dipaparkan laman Times of India.

1. Keripik kentang microwave

Cuci dan iris 5 kentang ukuran sedang. Kemudian lapisi piring atau nampan tahan microwave dengan loyang, sebarkan irisannya.

Selanjutnya ambil mangkuk tambahkan 1 sdm minyak zaitun, garam dan merica sesuai selera, serta 1 sdt rempah campuran. Menggunakan sikat silikon, oleskan rempah ini pada irisan kentang dan microwave selama 3 hingga 5 menit.

Anda juga bisa mengeluarkannya dalam 3 menit, lalu balik sisi kentang dan microwave selama 3–4 menit lagi. Setelah selesai keluarkan dan nikmati.

Keripik kentang. (Foto: Misskodak/Pixabay)

2. Keripik kentang pan toss

Untuk membuat keripik kentang yang enak dengan cara pan toss, Anda membutuhkan 3–4 kentang berukuran sedang. Cuci dan iris dengan rapi. Rendam irisan kentang dengan sedikit kunyit dan garam sesuai selera.

Kemudian tambahkan 1 sdt bubuk jinten panggang, ½ bubuk cabai merah, dan 1 sdt chaat masala bersama sedikit jus lemon. Rendam selama 30 menit. Selanjutnya, tambahkan 1½ sdm minyak zaitun dan setelah minyak cukup panas, masukkan irisan dan balikkan hingga menjadi renyah.

Guna mengurangi konsumsi minyak, Anda juga bisa mencampurkan 1 sdm minyak sambil merendam lalu menggoreng keripik dalam wajan antilengket hanya dengan menyemprotkan atau menyikat sedikit minyak.

Baca juga: Susu atau Jus Jeruk, Minuman Terbaik saat Sarapan? 

3. Keripik kentang panggang pedas

Cuci dan buat irisan tipis 4 buah kentang. Letakkan di piring dan taburi 1 sdm minyak zaitun, 1 sdt paprika, 1 sdt lada hitam, 1 sdt bubuk bawang putih, dan garam sesuai selera.

Campur semuanya dengan baik dan biarkan kentang menyerap rasanya. Sementara itu, panaskan oven dengan suhu 180 derajat Celsius.

Selanjutnya letakkan kertas roti dan ratakan irisan dengan baik dan panggang keripik selama sekira 25–30 menit sampai teksturnya sesuai. Matikan api dan sajikan dengan saus favorit Anda.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini