5 Cara Mengobati Kulit Terbakar Secara Alami

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 24 Februari 2021 10:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 24 611 2367358 5-cara-mengobati-kulit-terbakar-secara-alami-YN873WoFVw.jpg Kulit terbakar matahari (Foto: Inst Azarischah)

Sunburn adalah kondisi kulit yang menjadi lebih gelap karena kulit terbakar sinar matahari. Ini biasanya terjadi jika Anda beraktivitas di luar rumah seperti di pantai tanpa memakai sunscreen.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati sunburn. Akan tetapi, kondisi kulit seseorang bisa berbeda-beda, karenanya, keberhasilan yang didapatkan pun akan berbeda pula.

Melansir Healthline pada Rabu (24/2/2021), berikut 5 cara yang bisa Anda gunakan untuk mengobati sunburn secara alami di rumah.

 pakai air dingin

1. Air dingin

Sunburn pada dasarnya adalah peradangan pada kulit. Salah satu cara termudah untuk mengobati peradangan adalah dengan mendinginkan area yang terkena. Anda dapat mencoba untuk berendam guna membantu mendinginkan dan menenangkan kulit Anda.

2. Soda kue dan oatmeal

Tuang beberapa sendok makan soda kue ke dalam bak mandi yang berisi air dingin dan berendam selama sekitar 15 hingga 20 menit membantu meminimalkan kerusakan akibat sinar matahari.

Menambahkan secangkir oat ke dalam bak mandi juga meredakan iritasi dan membantu kulit mempertahankan kelembapan alaminya. Jangan menggosok kulit Anda, baik di bak mandi atau setelah keluar. Keringkan diri Anda dengan handuk, jangan digosok.

3. Lidah buaya

Jika Anda tidak memiliki tanaman lidah buaya di rumah, Anda harus mendapatkannya. Gel di dalam tanaman sukulen ini telah digunakan selama berabad-abad untuk segala macam penyakit, mulai dari sakit perut hingga infeksi ginjal.

Ini juga meredakan sengatan matahari yang paling sering ditemukan di toko. Mengoleskan gel langsung ke kulit dapat menenangkan kulit dari sengatan sinar matahari ringan.

4. Teh kamomil

Teh kamomil bisa menenangkan jiwa Anda, tapi juga bisa menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari. Seduh teh seperti biasa dan biarkan dingin.

Jika sudah siap, rendam waslap di dalamnya dan tempelkan ke area yang terkena. Jika Anda alergi terhadap serbuk sari, Anda tidak boleh menggunakan perawatan ini. Ini dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit Anda.

5. Cuka

Ada banyak pendapat tentang penggunaan cuka untuk menghilangkan sengatan matahari. Beberapa orang mengatakan menambahkan dua cangkir cuka ke air mandi dingin dapat membantu menghilangkan rasa sakit dari luka bakar, sementara yang lain mengatakan keasaman yang tinggi dalam cuka hanya memperburuk keadaan.

Jika Anda belum pernah menggunakan perawatan ini sebelumnya pada luka bakar yang lebih kecil dan ringan, sebaiknya jangan mencobanya pada luka bakar yang lebih besar dan lebih serius.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini