8 Tips Merawat Rambut Panjang

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Kamis 25 Februari 2021 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 24 611 2367490 8-tips-merawat-rambut-panjang-ybgjDccKYf.jpg Merawat Rambut (Foto: Pinterest)

Rambut panjang memang membuat wanita tampak cantik dan anggun. Namun diperlukan perawatan yang ekstra untuk rambut panjang.

Sebagian orang beruntung karena dikaruniakan rambut panjang, tebal, berkilau tanpa perlu susah payah. Sayangnya, ada beberapa orang yang memiliki masalah rambut sehingga memerlukan perawatan yang ekstra untuk mendapatkan rambut panjang yang berkilau itu. Seperti dilansir dari NDTV Food, berikut ini sejumlah tips untuk merawat rambut panjang agar tampak indah.

 pakai kondisioner

1. Jangan lewatkan kondisioner

Lakukan perawatan rambut yang Anda dengan benar. Selain itu, pastikan tidak melewatkan memakai konsioner rambut. Untuk merawat rambut bagian dalam, coba untuk ke spa rambut. Dan tidak mewarnai atau menata rambut dengan alat yang panas.

2. Menyisir

Sangat penting untuk menyisir rambut. Menyisir dapat melatih kulit kepala dan meningkatkan sirkulasi darah. Pilih sisir kayu daripada sisir plastik karena dapat menyebabkan helai rambut yang lemah rontok. Selain itu, gunakan sisir bergigi jarang dan gerakkan dari bawah ke atas rambut.

3. Pijat kulit kepala

Memijat kulit kepala dapat merangsang sirkulasi darah di kepala, dan memudahkan pertumbuhan rambut. Anda dapat menggunakan berbagai minyak, seperti minyak jarak, minyak zaitun, minyak almond, minyak kelapa, untuk memijat kulit kepala, ini juga untuk menghilangkan stres.

4. Pakai herbal

Gunakan herbal dan bahan alami untuk merawat rambut Anda. Cuka sari apel, bawang bombai, telur, madu, lidah buaya adalah beberapa bahan yang sangat bagus untuk pertumbuhan rambut. Gunakan bahan tersebut untuk masker rambut dan aplikasikan pada rambut Anda.

5. Memotong

Memangkas rambut secara teratur sangatlah penting. Rambut rusak, terutama ujung bercabang dapat mempersulit pertumbuhan rambut, jadi jaga bentuk rambut dan potong secara teratur.

6. Jangan bergaya hidup tak sehat

Merokok, minum-minuman keras berlebihan, obesitas, dan faktor gaya hidup lainnya yang tak sehat berdampak buruk pada pertumbuhan rambut. Ini bisa menyebabkan rambut rontok. Berolahragalah secara teratur dan jaga pikiran dari stres.

7. Jangan mencuci rambut menggunakan air panas

Air hangat cukup untuk mencuci rambut. Ini akan membuka kutikula rambut yang mempermudah penyerapan minyak esensial dan nutrisi melalui kondisioner atau masker rambut. Bilasan terakhir harus dengan air dingin untuk menutup kutikula dan mengunci semua nutrisinya.

Sedangkan air panas, sebaliknya, ia menghilangkan semua minyak esensial dan nutrisi pada rambut sehingga membuatnya kering, kusam, dan kusut. Selain itu, jangan pernah membungkus rambut dengan handuk karena dapat menyebabkan kerusakan rambut. Jangan menyisir saat rambut basah. Cara terbaik mengeringkan rambut adalah dengan membiarkannya terbuka, mengering dengan sendirinya.

8. Perhatikan makanan Anda

Konsumsi minimal delapan gelas air setiap harinya. Hidrasi berperan penting dalam pertumbuhan rambut untuk mempertahankan kilau rambut. Pastikan Anda mendapatkan cukup zat besi, kalsium, protein, seng, selenium, vitamin B, dan nutrisi penting lainnya setiap hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini