Pastikan Keamanan, BPOM Uji 3 Vaksin Covid-19

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 24 Februari 2021 14:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 24 612 2367537 pastikan-keamanan-bpom-uji-3-vaksin-covid-19-ibHOuHRHXx.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

SAAT ini Indonesia memang tengah mengembangkan berbagai vaksin Covid-19 untuk diedarkan kepada masyarakat. Selain itu, vaksin-vaksin yang diperoleh dari luar negeri juga perlu diuji coba di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Untuk mengetahui dan menyerap informasi proses-proses yang dilakukan di BPOM terhadap vaksin-vaksin, pada saat ini sedang dilakukan uji coba untuk diedarkan pada masyarakat," kata Ketua Satgas Lawan Covid-19, Sufmi Dasco Ahmad saat ditemui di Jakarta, Rabu (24/2/11).

Ia melanjutkan, saat ini BPOM dipercaya sebagai pengawas dan penguji kelayakan vaksin, sebelum diedarkan kemudian diberikan kepada masyarakat. "Sehingga vaksin-vaksin yang diperlukan oleh masyarakat sudah bisa diedarkan dan sebentar lagi," ujarnya.

Memang saat ini ada beberapa vaksin yang tengah melalui fase pengujian, sebelum nantinya siap diedarkan kepada masyarakat. Dengan demikian, vaksin menjadi aman dan dapat lonjakan Covid-19 dapat teratasi.

Sementara itu, kepala BPOM RI Penny Lukito menuturkan, pihaknya selalu dapat pendampingan dan dukungan support dari DPR. Di mana memastikan pelaksanaan tugas dan fungsi BPOM, terkait keamanan dan khasiat dari vaksin yang digunakan dan diedarkan nanti.

"Adalah tugas BPOM. Kami laporkan beberapa vaksin yang sedang dalam proses uji klinis proses," katanya.

Menurutnya, saat ini ada tiga jenis vaksin yang dapat izin penggunaan, yaitu coronvac vaksin covid-19 biofarma, dan astrazeneca dalam waktu dekat.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini