Fenomena 'Ketindihan' Makhluk Halus di Mata Dokter Cantik Nadia, Mitos atau Fakta?

MNC Media, Jurnalis · Rabu 24 Februari 2021 20:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 24 612 2367626 fenomena-ketindihan-makhluk-halus-di-mata-dokter-cantik-nadia-mitos-atau-fakta-qc8IgfIDjJ.jpg Dokter Nadia Alaydrus. (Foto: Instagram)

FENOMENA "ketindihan" mungkin tenar di kalangan masyarakat Indonesia. Kondisi di mana badan kaku dan susah bergerak saat bangun tidur ini kerap dikaitkan dengan kisah misteri.

Lantas, benarkah ketindihan lantara ulah makhluk halus? Nah, dalam Podcast Kata Dokter di RCTI+ dibahas terkait "ketindihan", yang konon adalah ditindih setan.

Yuk, simak penjelasannya tentang Mitos atau Fakta Ketindihan Karena Makhluk Halus yang disampaikan oleh dr. Nadia Alaydrus dalam Podcast Kata Dokter dalam aplikasi RCTI+.

Dr. Nadia Alaydrus adalah dokter kecantikan yang mempunyai paras cantik, dr. Nadya juga kerap aktif membagikan beberapa tips kecantikan dan kesehatan lainnya di sosial media.

Tidur

Selain menjadi dokter, dr. Nadya pernah menjadi seorang model juga, lho! Keren ya dr. Nadya. Sebelumnya, dr. Nadia membagikan informasi terkait istilah cantengan.

“Mungkin teman-teman di sini ada yang pernah ngalamin yah yang namanya cantengan. Dalam istilah medis itu disebut ingrown toenail, jadi kukunya itu tumbuh ke dalam daging dan emang biasanya itu merah, meradang, sakit kayak dipegang dikit aja tuh udah sakit banget.

"Jadi gimana caranya supaya kalian gak mengalami cantengan? Perlu diperhatikan biasanya itu ukuran sepatu jangan sampai jempol kalian itu terlalu tertekan, yang kedua juga rajin potong kuku, terakhir kalau memang sudah terjadi cantengan, sebelum pergi dokter yang bisa kalian lakukan dirumah adalah meredamnya dengan air hangat setelah itu bisa langsung dibawa ke fasilitas kesehatan untuk dilakukan terapi lanjutan.” Kata dr. Nadia.

Episode kedua ini Kata Dokter tak kalah menariknya dibanding dengan episode sebelumnya. Banyak informasi seputar dunia kesehatan mungkin belum diketahui, salah satunya adalah tentang fakta atau mitos ketindihan.

“Aku yakin deh kalian semua yang dengerin ini pasti pernah mengalami yang namanya ketindihan, yang lucunya lagi nih mitos di Indonesia tuh ada yang bilang ditindih setan. Nah apa sih sebenarnya yang terjadi dengan istilah ketindihan?"

“Jadi tindihan dalam istilah medis itu disebut dengan sleep paralysis.Yaitu rasanya seperti kita sedang mimpi terus di mimpi itu kita mau teriak, mau melawan, mau gerak aja tuh gak bisa, nah itu adalah hal wajar yang biasa dialami banyak orang,"

podcast

"Karena pada saat tidur itu otak kita itu akan mengistirahatkan otot-otot jadi saat kita tidur otak yang memerintahkan untuk seluruh tubuh istirahat dan kemudian kita bermimpi tapi tiba-tiba saat kita ada di fase tersebut, mimpi kita itu berhenti dan kita dipaksa untuk melek padahal otak belum mengirim sinyal untuk otot-otot ikut terbangun juga atau bergerak jadi yang melek cuma mata, ototnya masih lumpuh ibaratnya gitu,” Jelas dr. Nadia.

Lalu apa yang harus dilakukan saat sedang mengalami ketindihan seperti itu? Temukan jawabannya hanya di Podcast Kata Dokter bersama dr. Nadya Alaydrus eksklusif hanya di aplikasi RCTI+.

Download aplikasi RCTI+ di Play Store dan App Store untuk bisa menikmati banyak konten seru lainnya atau melalui link https://www.rctiplus.com

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini