Jangan Sembarangan! Ini 7 Tips Simpan Makanan di Kulkas

Highend, Jurnalis · Kamis 25 Februari 2021 07:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 24 612 2367797 jangan-sembarangan-ini-7-tips-simpan-makanan-di-kulkas-FfLfGAhw1i.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

LEMARI pendingin atau yang biasa disebut dengan kulkas, telah menjadi salah satu alat yang diandalkan untuk mengawetkan makanan. Tapi, beberapa bahan makanan malah berkurang rasanya jika disimpan di dalam kulkas.

Memang, menyimpan makanan dalam kulkas tidaklah bisa sembarangan. Selain itu, ada juga batas penyimpanan di dalam kulkas. Hal ini harus selalu diperhatikan agar menjaga kualitas dan rasa makanan yang kita simpan.

Dalam kulkas yang dinginnya tak lebih dari 4*C untuk menghindari pertumbuhan bakteri dan percepatan kerusakan makanan, inilah cara menyimpan dan daftar perkiraan lamanya makanan aman tersimpan di kulkas, seperti dilansir dari Highend.

Ayam dan daging beku

Simpanlah ayam dan daging beku dalam plastik kedap udara, dan pastikan untuk digunakan dalam 3 (tiga) bulan. Ayam beku dan makanan beku lainnya aman untuk dimakan dalam jangka waktu panjang, namun akan kehilangan rasa jika semakin lama dibekukan.

kulkas

Ayam dan daging mentah

Gunakanlah pada hari yang sama atau hari berikutnya dari Anda membeli sejak tanggal potongnya. Jika tidak, langsung bekukan agar lebih tahan lama.

Sisa lauk

Simpanlah sisa lauk Anda dalam plastik klip atau kontainer di dalam kulkas, dan habiskan dalam waktu 3 (tiga) hari.

Roti

Jika disimpan di dalam kulkas, roti akan bertahan lebih lama, namun konsumsilah dalam 2 (dua) minggu agar rasanya tetap maksimal. Jika disimpan di dalam freezer, roti akan mengering, timbul es dan bau.

Kopi

Kopi bubuk dan kopi dalam bentuk biji cepat menyerap kelembaban, dan juga menyerap wangi makanan lain yang disimpan di dekatnya. Jika disimpan dalam kulkas, simpanlah dalam kontainer kedap udara untuk stok 1 (satu) minggu hingga 2 (dua) minggu. Jika ingin menyimpannya untuk lebih lama lagi, simpanlah di freezer, maksimal 3 (tiga) bulan.

Kaldu ayam atau daging

Kaldu ayam atau daging yang ingin disimpan dapat dituang ke kontainer kedap udara di dalam kulkas. Agar bertahan lebih lama, bekukan di dalam freezer dalam kontainer kedap udara yang kecil paling lama 1 (satu) bulan.

Cemilan seperti chips atau cookies

Jika kemasannya tidak tertutup rapat dengan sempurna, cemilan akan berkurang kelezatan dan ‘kriuk’nya. Untuk menjaga kesegaran secara optimal dan agar tetap aman dimakan, masukkan seluruh cemilan beserta kemasannya dalam plastik klip sebelum dimasukkan ke kulkas.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini