Begini Cara Memotong Bawang Tanpa Menangis

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 25 Februari 2021 12:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 25 298 2368097 begini-cara-memotong-bawang-tanpa-menangis-13F69fybiU.jpg Memotong bawang (Foto: The Standard)

Memotong bawang saat sedang memasak, jadi momen menyebalkan karena memotong bawang membuat kita jadi menangis bahkan banjir air mata.

Tapi tenang, mungkin trik memotong bawang tanpa menangis yang beredar di linimasa TikTok satu ini bisa menjadi solusi yang tepat. Trik memotong-motong bawang tanpa air mata tersebut, diketahui diunggah oleh netizen dengan akun bernama @cerealeatingghost.

 bawang

Dalam videonya, ia mengatakan saat memotong bawang kita hanya perlu menggulung lap dapur bersih yang dibasahkan dengan air. Kemudian diletakkan di dekat talenan, dan kita langsung bisa memotong bawang tanpa harus mengeluarkan air mata menangis karena mata yang perih.

“Kandungan asam dalam bawang biasanya akan tertarik pada sumber air, jadi tempat pertama normalnya memang saluran air mata kita. Dengan meletakkan lap dapur yang basah, alih-alih ke mata kita maka asam di bawang akan tertarik pada lap dapur yang basah itu,” ujar @cerealeatingghost.

Trik ini kemudian diverifikasi berhasil oleh para netizen, yang berkomentar jika trik ini sudah dicoba sendiri di rumah dan memang berhasil.

“Ini benar-benar berhasil,” kata seorang netizen.

“Terima kasih dari hatiku yang paling dalam,” komentar netizen lainnya.

“Akhirnya tahu trik ini setelah 10 tahun harus pakai kacamata googles untuk berenang, setiap memotong bawang,” tambah netizen lain.

Well, trik ini mungkin memang terlihat sangat sederhana bukan? Tapi sebetulnya, ada penjelasan ilmiah di baliknya. Saat kita memotong bawang, maka asam dan enzim akan dilepaskan dan menjadi bahan kimia yang disebut syn-propanethial-S-oxide saat dicampur.

Lalu, seperti dikutip Metro, Kamis (25/2/2021) ketika bahan kimia ini naik dan bersentuhan dengan mata kita, otak akan mengirimkan sinyal ke saluran air mata untuk membersihkan iritasi yang dirasakan.

Air dapat menjadi penghalang untuk masuk ke mata, jadi lap dapur yang basah dan lembap secara teori dapat mengurangi respons dari saluran air mata kita.

Selain itu, trik lainnya yakni menggunakan talenan yang basah, membasahi area di bawah mata dengan air atau memotong bawang bombai di baskom berisi air disebutkan juga bisa memberikan efek yang sama.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini