Punya Kulit Kering? Gunakan 4 Bahan Alami Ini untuk Melembapkannya

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 25 Februari 2021 11:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 25 481 2368039 punya-kulit-kering-gunakan-4-bahan-alami-ini-untuk-melembapkannya-WxpfDRbbDx.jpg Ilustrasi penggunaan bahan alami untuk melembapkan kulit kering. (Foto: Senivpetro/Freepik)

KULIT kering karena dehidrasi atau terlalu lama terpapar sinar matahari dapat menjadi masalah kesehatan yang serius. Maka itu, menjaga kulit agar tetap lembap sangat penting.

Banyak produk yang menawarkan skincare atau kosmetik untuk melembapkan kulit kering. Namun Anda juga bisa menggunakan sejumlah bahan alami sebagai pelembap.

Baca juga: Tips Rajin Bersihkan Tangan Tanpa Membuat Kulitnya Kering 

Sebagaimana dilansir laman Times of India, Kamis (25/2/2021), berikut ini empat bahan alami yang bisa dipakai untuk melembapkan kulit secara alami.

Ilustrasi kulit kering. (Foto: Jcomp/Freepik)

1. Madu

Selain untuk menjaga stamina tubuh, madu juga bermanfaat memberikan kelembapan dan elastisitas kulit. Gunakan madu murni, kemudian oleskan ke bagian kulit yang kering. Diamkan selama 15 hingga 20 menit, setelah itu bilas dengan air hangat.

2. Lidah buaya

Lidah buaya sejak dulu sudah dikenal untuk perawatan tubuh. Anda bisa memanfaatkan gel tanaman ini yakni untuk melembapkan kulit. Caranya, gosok secara perlahan pada area kulit kering. Lalu diamkan selama 10 sampai 12 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Bikin Kulit Kering dan Sensitif, Kok Bisa? 

3. Alpukat

Selain enak dijadikan salad dan jus, alpukat juga bisa dijadikan pelembap alami untuk kulit kering. Caranya, oleskan daging alpukat yang sudah dilembutkan ke area kulit kering. Lalu tunggu hingga 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Baca juga: Alami Kulit Kering? Ini 6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan 

4. Susu atau buttermilk

Kemudian susu atau buttermilk juga cocok untuk mengatasi kulit kering. Susu bisa digunakan sebagai bahan alami untuk melembapkan kulit kering. Caranya, oleskan susu atau buttermilk ke area kulit kering. Diamkan selama 10 sampai 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat untuk membersihkannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini