Biar Kulit Tampak Awet Muda, Rawat dengan 5 Kebiasaan Ini

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 25 Februari 2021 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 25 481 2368055 biar-kulit-tampak-awet-muda-rawat-dengan-5-kebiasaan-ini-GVEQZy1DgM.jpg Ilustrasi perawatan kulit agar tampak awet muda. (Foto: Senivpetro/Freepik)

SEIRING bertambahnya usia, lapisan paling atas kulit yang disebut epidermis mulai menipis. Hal ini membuat kulit terlihat tembus pandang dan pucat yang dapat membuat pembuluh darah di bawah lapisan kulit terlihat.

Dengan bertambahnya usia, pembuluh darah juga menjadi rapuh yang bisa menyebabkan mudah memar atau berdarah. Sinar UV matahari memengaruhi serat yang disebut elastin di kulit dan rusak yang menyebabkan kulit kendur.

Baca juga: Punya Kulit Kering? Gunakan 4 Bahan Alami Ini untuk Melembapkannya 

Tanda-tanda penuaan dimulai dengan garis halus dan kerutan. Garis halus tersebut disebabkan ekspresi wajah seperti garis tawa atau garis kerutan mulai makin dalam. Ketika melewati usia 40 tahun, kulit mulai makin kendur dan kehilangan kualitas yang kencang serta kenyal.

Oleh karena itu, dermatologis dr Ajay Rana membagikan tips caranya merawat kulit sejak dini agar tampak awet muda, sebagaimana dilansir laman Pinkvilla, Kamis (25/2/2021).

Kulit wajah. (Foto: Senivpetro/Freepik)

1. Mulai menggunakan retinoid

Seiring bertambahnya usia, kulit mulai kehilangan kolagen, protein yang bertanggung jawab menjaga kulit terlihat halus dan terangkat. Ini bisa memberi Anda tampilan berkerut. Mulailah menggunakan retinoid, versi vitamin A.

2. Oleskan tabir surya

Selalu kenakan SPF spektrum luas pada wajah yang melindungi dari sinar UVA dan UVB. Ganti ke krim tabir surya yang lebih melembapkan dan hindari semprotan dan gel yang mengandung alkohol yang bisa mengeringkan kulit. Selalu gunakan tabir surya yang mengandung antioksidan untuk melindungi kolagen di kulit.

Baca juga: 4 Makanan Sumber Kolagen, Bikin Kulit Makin Sehat 

3. Eksfoliasi mingguan

Kulit melepaskan sel-sel mati secara teratur dan membangun lapisan kulit baru setelah beberapa hari. Namun seiring bertambahnya usia, proses ini melambat, membuat corak kulit tampak kusam dan bercak kasar. Hapus penumpukan itu, eksfoliasi kulit setidaknya dua kali seminggu untuk hasilkan kulit yang lebih cerah.

4. Gunakan pembersih wajah yang lebih lembut

Seiring bertambahnya usia, kulit cenderung menjadi kurang berminyak dan lebih sensitif. Selalu gunakan pembersih wajah yang menggunakan asam lemak esensial untuk memberikan hidrasi utama dan melawan kerusakan akibat radikal bebas yang menyerang sel. Pakai pembersih wajah yang lembut sebagai pengganti pembersih jerawat yang dapat membuat kulit semakin kering.

Baca juga: Kembar Identik Ini Berhasil Jalani Operasi Penggantian Kelamin Bersama

5. Pijat wajah

Pijat kulit wajah yang pada gilirannya membantu mengangkat otot. Pijat kulit wajah dalam gerakan melingkar dengan ujung jari berlawanan arah di masing-masing tangan, ini mendorong elastisitas dan memutus pola ketegangan serta membantu mencegah degenerasi jaringan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini