Share

Abaikan Prokes, Lokasi Vaksinasi Bisa Jadi Klaster Baru Covid-19!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 25 Februari 2021 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 25 481 2368112 abaikan-prokes-lokasi-vaksinasi-bisa-jadi-klaster-baru-covid-19-XLunKwZ7LB.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Pemerintah sudah memulai vaksinasi Covid-19 tahap kedua yang menyasar kelompok lanjut usia dan perkerja publik. Vaksinasi Covid-19 dimulai pada Rabu, 17 Februari 2021 dan dilakukan perdana dengan penyuntikan para pedagang di Pasar Tanah Abang.

Namun beberapa hari ini beredar video yang menunjukkan situasi yang kurang kondusif bagi para calon penerima vaksin. Sejumlah masyarakat terlihat berkumpul dan berdesakan dengan mengabaikan protokol kesehatan saat mengantre vaksin.

Menanggapi hal tersebut Epidemiolog Universitas Griffith Australia, dr. Dicky Budiman menjelaskan bahwa protokol kesehatan pada masa pandemi masih belum terkendali. Terbukti dengan banyaknya masyarakat yang berkerumun untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

“Saya dapat laporan dan kiriman situasi beberapa lokasi dilaksanakannya vaksinasi ternyata tidak menerapkan atau menjaga prinsip-prinsip protokol kesehatan atau pencegahan pada situasi pandemi di Indonesia yang masih belum terkendali,” ujar dr. Dicky, kepada MNC Portal Indonesia, Kamis (25/2/2021).

Suntik Vaksin

Baca Juga : Potret Menggoda Gabriella Larasati, Bra Birunya Menyembul!

Baca Juga : 5 Potret Seksi Gabriella Larasati yang Diperiksa Polisi Terkait Video Syur

Lebih lanjut dr. Dicky mengatakan kalau situasi seperti ini sangatlah berbahaya. Sebab kerumunan dari masyarakat yang mengantre vaksinasi ini sangat bisa berpotensi menjadi klaster baru Covid-19 lantaran mengabaikan protokol kesehatan.

“Ini yang berbahaya dan harus dicegah. Kita sudah melihat beberapa kasus laporan bahkan yang sifatnya terinfeksi setelah atau menerima suntikan pertama maupun menjelang yang kedua. Itu memang bisa terjadi kalau situasinya seperti ini,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini