7 Manfaat Kesehatan Jintan Hitam, Bisa Melindungi Ginjal Lho

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Kamis 25 Februari 2021 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 25 481 2368138 7-manfaat-kesehatan-jintan-hitam-bisa-melindungi-ginjal-lho-zkUkVv3nlM.jpg Jintan hitam memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. (Foto: Kamran Aydinov/Freepik)

JINTAN hitam telah lama dikenal sebagai salah satu bumbu yang digunakan untuk menambah aroma dan rasa pada suatu hidangan. Sering disebut habbatussauda, biji berwarna hitam ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Jintan hitam mengandung sejumlah nutrisi yakni vitamin, nigellone kristal, asam amino, saponin, serat kasar, protein, serta asam lemak seperti asam linolenat dan oleat, minyak atsiri, alkaloid, besi, natrium, kalium, dan kalsium.

Baca juga: Jintan Hitam Bantu Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh 

Nutrisi tersebut dapat menyehatkan jantung, mengatasi masalah pernapasan, melumasi persendian, dan dikenal memiliki sifat anti-karsinogenik. Berikut ini berbagai manfaat biji jintan untuk kesehatan tubuh, seperti dilansir laman NDTV.

1. Hilangkan jerawat

Air jeruk nipis manis dan minyak jintan dapat mengatasi banyak masalah kulit. Oleskan minyak dua kali sehari pada wajah untuk menghilangkan noda dan jerawat. Minyak jintan murni juga dapat merawat tumit pecah-pecah.

Jintan hitam. (Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik)

2. Atasi diabetes

Minyak jintan juga dapat membantu mengatasi diabetes. Ambil setengah sendok teh minyak dalam secangkir teh hitam setiap pagi untuk melihat perbedaannya dalam beberapa minggu.

3. Meningkatkan daya ingat dan meringankan asma

Bubuk jintan hitam dengan sedikit madu diketahui dapat meningkatkan daya ingat. Jika dicampurkan dalam air hangat dan minuman, dapat meringankan masalah pernapasan (termasuk asma) pada anak-anak dan orang dewasa. Paling tidak perlu dilakukan selama 45 hari dan hindari minuman dingin selama periode tersebut.

Baca juga: 3 Makanan Ini Mampu Bentengi Tubuh Lawan Corona saat New Normal 

4. Menurunkan berat badan

Kombinasi air hangat, madu, dan lemon sering disarankan untuk program diet. Sekarang tambahkan sejumput bubuk jintan hitam ke campuran ini untuk menurunkan berat badan.

5. Mengontrol tekanan darah

Bagi penderita tekanan darah tinggi dapat meminum setengah sendok teh minyak kalonji dengan air hangat agar hipertensi tetap terkendali.

Baca juga: Pengguna Google Maps Ketakutan Temukan Sisa-sisa Kerangka dan Borgol di Dekat Situs Chernobyl

6. Melindungi ginjal

Setengah sendok teh minyak kalonji dengan dua sendok teh madu dan air hangat dapat membantu menghilangkan sakit ginjal, batu, dan infeksi. Namun, Anda juga perlu berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan pola makan yang tepat.

7. Membuat gigi lebih kuat

Jintan hitam digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi masalah gigi, seperti gusi bengkak atau berdarah. Memijat gigi dengan dadih dan sedikit minyak jintan dua kali sehari dapat memperkuat gusi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini