Waspada, 8 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Organ Hati

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Kamis 25 Februari 2021 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 25 481 2368159 waspada-8-kebiasaan-ini-bisa-merusak-organ-hati-nrDRZeZgBM.jpg Ilustrasi organ hati. (Foto: Shutterstock)

ORGAN hati merupakan salah satu bagian yang paling vital di dalam tubuh manusia. Maka itu, menjaga kesehatan hati menjadi hal yang sangat penting. Salah satunya menjaga pola hidup sehat.

Hati berperan penting dalam berbagai proses kerja tubuh, termasuk pencernaan, metabolisme, dan detoksifikasi darah. Dikarenakan hati berperan mendetoksifikasi tubuh, apa pun yang masuk ke akan berdampak pada kesehatannya.

Baca juga: Manfaat Mangga Muda, Tingkatkan Fungsi Hati hingga Obati Gangguan Darah 

Umumnya kerusakan hati tidak akan muncul secara tiba-tiba. Lalu apa saja hal-hal yang bisa merusak organ hati? Berikut ini beberapa di antaranya, seperti dilansir laman Boldsky.

1. Minum alkohol

Asupan alkohol yang berlebihan mengurangi kemampuan hati mengeluarkan racun dari tubuh. Ini akan membuat hati fokus mengubah alkohol menjadi bentuk yang kurang beracun dan akan menyebabkan peradangan serta penyakit hati berlemak.

Organ hati. (Foto: Macrovector/Freepik)

2. Banyak mengonsumsi obat

Konsumsi obat secara berlebihan dapat merusak hati secara bertahap dan akan menyebabkan gagal hati yang parah. Acetaminophen dosis tinggi yang terjual bebas dapat merusak hati bila diminum terus menerus selama beberapa hari.

3. Merokok

Bahan kimia yang ada dalam rokok yang menjangkau hati, menyebabkan stres oksidatif yang menghasilkan radikal bebas, dan merusak sel hati. Ini juga akan menyebabkan fibrosis, suatu proses di mana hati mengembangkan jaringan, seperti bekas luka berlebih.

Baca juga: Perut Buncit Bisa Jadi Kerusakan Hati Loh, Kenali 6 Tandanya 

4. Makan tidak sehat

Hindari makanan berlemak, kemudian sertakan buah dan sayuran dalam makanan. Semua itu adalah sumber beta-karoten, vitamin C, vitamin E, seng, dan selenium yang baik serta menjaga kesehatan hati. Makanan olahan mengandung zat aditif dan pemanis buatan.

5. Kurang tidur

Tubuh biasanya mengalami perbaikan dan detoksifikasi saat tidur. Kurang tidur dapat menyebabkan stres oksidatif pada hati. Jadi usahakan tidur nyenyak minimal 8 jam sehari.

6. Obesitas dan gizi buruk

Kebiasaan makan dapat memengaruhi kesehatan hati secara langsung. Terlalu banyak makan makanan yang salah dapat menyebabkan lemak menumpuk di hati. Penumpukan lemak dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan hati.

Baca juga: Tak Hanya Maria Vania, Diletta Leotta Juga Senang Adu Pukul

7. Overdosis suplemen nutrisi

Suplemen nutrisi dan herbal tertentu berbahaya bagi hati jika jumlahnya berlebihan. Overdosis vitamin A dapat menyebabkan kerusakan hati.

8. Tidak melakukan vaksinasi

Hepatitis adalah salah satu penyakit utama yang memengaruhi hati. Jika Anda tidak melakukan vaksinasi hepatitis, maka kesehatan hati dipertaruhkan. Kesehatan hati penting untuk fungsi normal tubuh. Jadi, utamakan pola hidup sehat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini