4 Bahan Alami Ini Ampuh Atasi Kulit Kepala Kering, Bye Ketombe

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 25 Februari 2021 14:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 25 481 2368219 4-bahan-alami-ini-ampuh-atasi-kulit-kepala-kering-bye-ketombe-I05ycb6mSW.jpg Ilustrasi kulit kepala kering. (Foto: Cookie Studio/Freepik)

KULIT kepala kering bisa menyebabkan munculnya masalah ketombe. Rambut juga jadi mudah patah dan rontok. Maka itu, menjaga kelembapan kulit kepala sangatlah penting.

Anda bisa merawat kulit kepala kering dengan menggunakan bahan-bahan alami. Bahan alami ini memiliki keunggulan bisa didapat di mana saja dan cukup mudah menggunakannya.

Baca juga: Tips Rajin Bersihkan Tangan Tanpa Membuat Kulitnya Kering 

Lalu apa saja bahan alami yang ampuh mengatasi kulit kepala kering? Berikut deretannya, seperti dilansir laman Times of India, Kamis (25/2/2021).

Minyak zaitun. (Foto: Stevepb/Pixabay)

1. Minyak

Semua jenis minyak umumnya dapat memberikan keajaiban pada kulit kepala yang kering. Di antaranya adalah minyak kelapa, almond, zaitun, jojoba, dan argan. Anda bisa memilih jenis minyak yang diinginkan dan terbaik. Minyak memiliki kemampuan melembapkan kulit kepala, sementara protein di dalamnya dapat membantu menjaga kelembapannya.

2. Lidah buaya

Tanaman ini menjadi salah satu bahan alami yang bagus untuk membantu mengatasi kekeringan pada kulit kepala. Gel lidah buaya mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat menenangkan kulit kepala kering.

Iritasi kulit dan kulit kepala gatal juga merupakan penyebab dari kekeringan. Lidah buaya dapat bekerja secara baik untuk mengatasi masalah ini.

Baca juga: Alami Kulit Kering? Ini 6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan 

3. Cuka apel

Kulit kepala kering bisa jadi penyebab dari munculnya ketombe. Maka sangat penting memastikan kulit kepala tidak terpapar bakteri atau jamur apa pun. Untuk menghilangkan masalah tersebut dan menyeimbangkan tingkat pH, oleskan cuka sari. Ini berfungsi sebagai pelembap dan antibakteri.

Cuka apel adalah produk anti-inflamasi yang membantu mengatasi rasa gatal. Cuka sari apel bersifat sangat asam sehingga Anda harus memastikan mengencerkannya dengan perbandingan 1: 4 yakni mencampurkannya dengan air.

Baca juga: Cuaca Panas Bikin Kulit Wajah Bersisik? Atasi dengan 5 Masker Ini 

4. Yoghurt

Yoghurt adalah salah satu pelembap alami terbaik, khususnya untuk kulit kepala kering. Di dalamnya ada banyak asam laktat yang membantu menjaga kulit kepala tetap bergizi. Kemudian yoghurt sarat zat seng yang bisa memfasilitasi pertumbuhan kembali sel kulit.

Namun sebelum menggunakannya, cobalah oles sedikit yoghurt di tangan. Ini untuk memastikan apakah ada sifat alergi di dalamnya atau tidak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini