Hampir Tak Ada Flu Selama Pandemi Covid-19, Kok Bisa?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 25 Februari 2021 17:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 25 481 2368335 hampir-tak-ada-flu-selama-pandemi-covid-19-kok-bisa-8jOd1Uskle.jpg Sakit flu (Foto: Sutter Health)

Februari pada umumnya adalah musim flu di banyak negara. Namun, fenomena itu tak banyak terjadi di masa pandemi Covid-19.

Fox News melaporkan bahwa hampir tidak ada kasus flu yang terjadi di Amerika Serikat selama Februari 2021. Beberapa pakar kesehatan menjelaskan hal ini bisa terjadi mungkin karena banyak orang menggunakan masker, mobilitas dibatasi, dan patuh menjalankan protokol kesehatan lainnya.

 pandemi Covid-19

Protokol kesehatan yang dilakukan masyarakat selama pandemi Covid-19 ini menjadi faktor besar dalam mencegah 'twindemic' flu dan Covid-19. Program vaksinasi juga dimungkinkan menurunkan kejadian kasus flu di tengah masyarakat.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat melaporkan bahwa jumlah pasien rawat inap terkait flu menurun drastis. Begitu juga dengan data kematian akibat flu, angkanya kecil. Ada data menjelaskan, satu anak-anak meninggal akibat flu di 2021, berbanding terbalik dengan tahun lalu di mana angka kematian 92 kasus.

"Banyak orangtua mengatakan anak-anak mereka lebih sehat karena tidak berenang atau tidak berada di tempat penitipan anak. Berbeda dengan tahun lalu," kata salah satu pihak CDC.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini