Animo Vaksinasi Covid-19 Tinggi, Epidemiolog Sarankan Perketat Protokol Kesehatan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 25 Februari 2021 22:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 25 481 2368451 animo-vaksinasi-covid-19-tinggi-epidemiolog-sarankan-perketat-protokol-kesehatan-1jQugMI4EK.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Antusiasme masyarakat Indonesia terhadap vaksin Covid-19 sangatlah besar. Hal ini terbukti dengan banyaknya masyarakat yang mengantre untuk mendapatkan vaksin Covid-19. Masyarakat bahkan sampai berkumpul agar mendapatkan antrean untuk divaksin.

Antusiasme masyarakat ini pastinya sangatl baik, namun di sisi lain banyak orang yang mengantre vaksin justru mengabaikan protokol kesehatan yang berlaku. Tentunya kondisi ini bisa menjadi pedang bermata dua bagi pemerintah.

Vaksinasi Covid-19

Epidemiolog Universitas Griffith Australia, dr. Dicky Budiman, menilai antusiasme masyarakat yang begitu besar terhadap vaksin Covid-19, namun tidak terkontrol dengan baik maka akan menimbulkan risiko penyebaran Covid-19.

“Dalam proses vaksinasi ini, saya juga melihat ada potensi-potensi klaster, karena tidak diatur dengan baik. Dalam artian untuk protokol kesehatannya,” terang dr. Dicky, kepada MNC Portal Indonesia, Kamis (25/2/2021).

Baca Juga : Rahasia Cemilan Diet Nagita Slavina, Bikin Raffi Ahmad Makin Cinta!

Baca Juga : Seksinya Pamela Safitri Pakai Bra Top Foto Bareng Ovi Sovianti, Duet Terheboh Comeback?

Menurut dr. Dicky seharusnya setiap pelayanan atau intervensi kesehatan dalam situasi pandemi harus bersifat meminimalisir kontak, mempersingkat kunjungan tidak lebih dari 15 menit, dan menyederhanakan prosedur. Hal inilah yang belum terlihat dan antrian ini berpotensi menjadi klaster kalau tidak segera diperbaiki.

“Di luar itu, hal ini juga menunjukkan animo masyarakat yang bagus. Tapi kita juga harus menyadari jangan sampai vaksinasi berjalan, infeksi juga makin banyak akibat tidak diatur dengan baik,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini