Yuk Konsumsi Makanan Ini untuk Tingkatkan Kemampuan Otak

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 26 Februari 2021 04:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 25 481 2368502 yuk-konsumsi-makanan-ini-untuk-tingkatkan-kemampuan-otak-ZxCjwmhfP0.jpg Ilustrasi makanan sehat yang bisa meningkatkan kemampuan otak. (Foto: User14908974/Freepik)

ASUPAN makanan ternyata bisa memengaruhi kemampuan belajar seseorang. Pasalnya, terdapat makanan yang dapat meningkatkan kemampuan otak. Ini tentu sangat berguna bagi para pelajar, apalagi di masa-masa banyak ujian.

Supaya berhasil menjawab soal-soal ujian, belajar dengan baik dan efesien bukan hanya menjadi kunci utama. Memerhatikan asupan makanan sehat juga sama pentingnya dengan belajar.

Baca juga: 10 Makanan yang Perlu Dihindari saat Malam Hari Guna Turunkan Berat Badan 

Menjelang ujian, banyak orang tidak terkontrol pola makannya karena merasa stres. Ini adalah kebiasaan tidak sehat yang bisa menghambat kerja otak.

Ilustrasi kemampuan otak. (Foto: Kjpargeter/Freepik)

Ahli nutrisi asal India Pooja Makhija menjelaskan bahwa mengonsumsi jenis makanan tertentu dapat meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan retensi memori, dan dapat meningkatkan tingkat energi. Sehingga akhirnya, Anda bisa menjalani ujian dengan lancar dan mendapatkan hasil yang diharapkan.

Baca juga: 5 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Musim Hujan 

Mengutip dari Times of India, Jumat (25/2/2021), jenis makanan yang harus dikonsumsi adalah sayur-sayuran berdaun hijau yang memiliki manfaat untuk kesehatan mata dan otak. Sayur-sayuran hijau diketahui mengandung zat besi dalam jumlah tinggi yang dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin yang bisa membantu meningkatkan kewaspadaan.

Berikutnya lebih banyak mengonsumsi protein. Protein adalah satu dari tiga makronutrien terpenting yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar untuk dibawa ke beberapa fungsi internal.

Protein juga bekerja sebagai blok pembangun sel yang bahkan dapat membantu meningkatkan memori otak, sehingga lebih bisa meningkatkan kemampuan untuk memerhatikan dan meningkatkan level energi. Hitungannya, per orang harus mengonsumsi 0,8 gram protein per kilogram berat badannya.

Terakhir, Pooja Makhija menyarankan untuk sangat menghindari makanan manis yang mengandung banyak gula. Makanan dengan kandungan gula tinggi, seperti kue-kue dan cokelat memang bisa memberikan energi pada tubuh dalam waktu singkat. Tapi tidak lama kemudian, setelah itu langsung menyebabkan penurunan energi yang akhirnya membuat tubuh mudah capek dan otak menjadi mudah lupa.

Baca juga: Kenali Makanan dan Minuman yang Dapat Mengubah Mood 

Makanan sehat. (Foto: Schantalao/Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini