Dampak Buruk Treatment Botox dan Filler Wajah Abal-Abal

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 25 Februari 2021 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 25 611 2368111 dampak-buruk-treatment-botox-dan-filler-wajah-abal-abal-kznrg3Rzlv.jpg Treatment botox (Foto: WHO Magazine)

Semakin banyak orang menolak tua. Karena itu, enggak heran klinik kecantikan banyak didatangi baik itu kaum perempuan maupun pria untuk melakukan botox dan memakai filler.

Tapi, ada bahaya yang mengintai di balik klinik kecantikan yang abal-abal. Ya, belum lama ini polisi baru saja meringkus pengelola klinik kecantikan abal-abal yang meresahkan masyarakat.

 teartment botox

Risiko terbesar dari menjalani perawatan wajah di klinik kecantikan abal-abal tentu saja Anda tidak akan mendapatkan apa yang diinginkan, malah wajah akan semakin buruk. Belum berhenti di situ, Anda juga berisiko mengalami masalah kesehatan lanjutan dari treatment yang ditawarkan klinik kecantikan abal-abal.

"Perawatan wajah itu bagian dari tindakan medis, karena itu Anda mesti melakukan semacam riset sebelumnya untuk tahu apakah klinik kecantikan yang Anda mau datangi itu resmi atau ilegal," kata Dokter Aesthetic Physician Maharis Clinic Jakarta, dr Ellen Theodora, berbicara di iNews Siang, Kamis (25/2/2021).

Dokter Ellen coba menjelaskan efek samping terburuk dari treatment botox dan filler abal-abal. Tapi, sebelum itu Anda mesti tahu dulu bahwa dua perawatan wajah itu berbeda secara tindakan maupun hasil yang dicapai.

"Kalau botox, itu tindakan dengan memasukkan semacam bakteri untuk merilekskan otot. Sementara itu filler bertujuan untuk mengisi volume yang berkurang karena proses aging," katanya.

Kedua tindakan itu, sambung Dokter Ellen, dilakukan dengan injeksi dan karena itu, yang melakukannya harus dokter. Sebab, dokter pastinya paham sekali di mana letak suntikkan akan dilakukan. "Harus memahami betul anatomi wajah sehingga tidak terjadi risiko tindakan yang merugikan klien," tambah dia.

 

Lantas, apa risiko dari botox dan filler abal-abal?

"Pada tindakan botox abal-abal, karena disuntikkan ke otot, kalau salah suntik otot akan bermasalah, salah satu risiko nya kelumpuhan saraf. Kalau area yang di-botox itu dekat mata, maka saraf mata akan berat dan berakibat Anda susah untuk mengangkat mata dan nyeri kepala," papar dr Ellen.

Lalu, untuk filler abal-abal risikonya adalah terjadinya penyumbatan pembuluh darah. "Kalau itu terjadi, maka distribusi darah tidak berjalan lancar dan itu membahayakan kesehatan secara keseluruhan," tambah dr Ellen.

"Sekali lagi, saya sarankan untuk masyarakat untuk tidak sembarangan memilih klinik kecantikan. Kalau salah pilih, bukannya cantik didapat malah risiko kesehatan yang parah," sarannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini