4 Tips Sederhana untuk Mengatasi Kulit Kering

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 26 Februari 2021 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 25 611 2368155 4-tips-sederhana-untuk-mengatasi-kulit-kering-CZ3IQ4c3We.jpg Merawat kulit kering (Foto: Freepik)

Kulit kering juga dikenal sebagai xerosis adalah kondisi yang cukup umum dengan beberapa penyebab. Kulit kering Anda bisa menjadi gejala yang mengindikasikan diagnosis yang lebih serius.

Meskipun dalam banyak kasus, kulit kering sering kali disebabkan oleh faktor lingkungan tertentu yang menghilangkan kelembapan kulit Anda seperti mandi air panas, perubahan iklim, dan produk perawatan kulit yang digunakan secara kimiawi yang semuanya dapat memicu masalah kelembapan kulit Anda.

Karena itu, melansir Pink Villa, berikut 4 tips sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kulit kering.

oleskan pelembab 

1. Oleskan pelembab usai mandi

Secara otomatis kulit kita cenderung menjadi kering setelah mandi. Semakin lama Anda mandi, kemungkinan kulit Anda menjadi lebih kering bisa terjadi.

Untuk menghindari kondisi seperti itu, segera oleskan pelembab pada kulit Anda dengan mempertimbangkan pelembab yang tepat sesuai dengan jenis kulit Anda, pelembab dapat mengisi pori-pori kulit kita yang terbuka dan berfungsi melembabkan kulit kita secara mendalam.

2. Berhenti pakai produk berahan kimia

Produk yang mengandung bahan kimia seperti produk berbahan dasar alkohol, asam alfa-hidroksi yang digunakan dalam wewangian untuk deodoran, parfum dan sabun serta retinoid, dapat sangat merusak tekstur kulit Anda, membuatnya kering, dan memperburuk kondisinya. Jadi gunakan produk bebas kimia dan hindari produk perawatan tubuh berbahan kimia sebanyak mungkin.

3. Gunakan salep alami

Alih-alih menggunakan losion, coba gunakan krim dan salep alami yang bekerja dan membantu melembabkan kulit Anda secara mendalam tanpa mempengaruhi kerusakan lebih lanjut.

Beberapa bahan salep yang sangat efektif dan menutrisi kulit adalah minyak jojoba, dimetikon, gliserin, asam hialuronat, asam laktat, lanolin, minyak mineral, minyak bumi, shea butter.

4. Hindari pakaian alergen dan iritan

Terjadinya kulit kering yang tidak biasa mungkin terkait dengan pakaian yang Anda kenakan atau apa yang Anda tunjukkan pada kulit Anda.

Bahkan duduk di dekat perapian, menghabiskan waktu di air yang mengandung klorin atau yang diolah secara kimiawi atau bahkan mengenakan pakaian wol dapat mengiritasi kulit Anda dan membuatnya terasa kering.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini