Unik, Seniman Ini Jadikan Tubuh Manusia Kanvas Lukisannya

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Kamis 25 Februari 2021 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 25 612 2368311 unik-seniman-ini-jadikan-tubuh-manusia-kanvas-lukisannya-0m1JhrIkab.jpg Melukis tubuh (Foto: Oddity)

Seorang seniman wanita asal Jerman, berhasil menciptakan lukisan yang indah dengan menjadikan tubuh manusia sebagai kanvas. Teknik lukisnya disebut seni lukis tubuh atau body painting.

Gesine Marwedel membutuhkan waktu rata-rata antara empat hingga tujuh jam untuk melukis tubuh. Untuk lukisan yang rumit, ia kadang membutuhkan waktu 12 jam.

Seperti dilansir dari Oddity Central, ia melukis tubuh dengan gambar angsa, burung hantu, hingga lumba-lumba. Semua dilakukan hanya menggunakan cat tubuh. Hampir sebagian besar karyanya terlihat seperti ilusi optik yang nyata.

 lukisan bunga dari manusia

Sebelumnya, Marwedel mempelajari Ilmu Rehabilitasi di salah satu universitas di Jerman. Ia juga mencoba membantu anak-anak yang sakit melalui terapi kreatif seperti melukis dan bermain musik.

Marwedel juga mengakui, sebenarnya seni lukis tubuh lebih sulit daripada melukis biasa. Sebab senimannya harus berhadapan dengan kanvas hidup yang bergerak, berbicara, dan kebutuhan kanvas hidup tersebut harus tetap dipenuhi selama berpose.

Makanya satu lukisan body painting bisa memakan waktu satu hari penuh. Sangat penting agar modelnya tetap nyaman dan santai selama proses melukis berlangsung, namun hal ini tidak selalu mudah.

“Orang-orang menyukai pekerjaan saya. Mereka tampaknya terpesona oleh transformasi tubuh manusia menjadi sesuatu yang lain. Dan sebenarnya saya tidak pernah mendapat reaksi negatif,” ujar Marwedel gembira.

Ia juga mengatakan, ia dapat mengubah tubuh seseorang karena terinspirasi oleh foto. “Kebanyakan, saya terinspirasi dari foto dan pose, atau kadang-kadang saya mencoba berpose sendiri di depan cermin,” ujarnya.

Karena membutuhkan waktu dan konsentrasi penuh antara pelukis dan model, ia selalu mementingkan kenyamanan bagi dirinya dan bagi modelnya.

“Anda juga tidak bisa istirahat dan menyelesaikan lukisan di lain hari. Sebab lukisan harus diselesaikan di hari yang sama, meski butuh waktu hingga 12 jam,” ungkapnya.

Hingga saat ini Marwedel sering mengunggah lebih banyak lukisan tubuhnya yang menakjubkan di situs pribadi dan sosial media lainnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini