Johnson & Johnson Berhasil Buat Vaksin Covid-19 yang Ampuh Hanya 1 Dosis

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 25 Februari 2021 20:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 25 612 2368412 johnson-johnson-berhasil-buat-vaksin-covid-19-yang-ampuh-hanya-1-dosis-qY501wWZc5.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

PEMERINTAH Amerika Serikat (AS) lewat Badan Pengawas Makanan dan Obat Amerika Serikat (FDA) akhirnya menyetujui vaksin Covid-19 yang dikeluarkan oleh Johnson & Johnson. Vaksin tersebut, bahkan diklaim sudah ampuh dalam sekali suntikan.

FDA menyebut dosis tunggal vaksin sangat efektif melawan virus Covid-19, dan dapat segera didistribusikan. Bahkan, pemerintah Inggris dilaporkan telah memesan 30 juta dosis vaksin yang mampu mengcover sebagian populasi di negara mereka.

"Jika vaksin ini diizinkan dan membeli efek yang signifikan, tentu akan membantu program vaksin kita. Apalagi proses penyuntikan hanya dilakukan satu kali," kata Matt Hancock, Health Secretary Inggris seperti dilansir dari The Sun.

Vaksin Johnson & Johnson juga digadang-gadang lebih terjangkau dibandingkan Pfizer dan Moderna. Alasannya cukup sederhana, vaksin ini tidak perlu disimpan di dalam freezer, sehingga membuat harganya lebih murah Rp14 ribu per dosis dibandingkan vaksin lainnya.

FDA juga mengklaim vaksin Johnson & Johnson dapat mencegah sejumlah penyakit dengan persentase 85%, dan 66% dapat melindungi pasien dengan kasus moderat.

Data menyebutkan vaksin ini juga sangat cocok untuk mencegah penyakit tanpa gejala, termasuk para pasien OTG. Secara keseluruhan, FDA melaporkan vaksin Johnson & Johnson memiliki tingkat efikasi sebanyak 74%.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini