Muncul Inovasi Terapi Insulin Pasien Diabetes, Diklaim Ampuh Jaga Gula Darah

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 26 Februari 2021 07:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 26 481 2368576 muncul-inovasi-terapi-insulin-pasien-diabetes-diklaim-ampuh-jaga-gula-darah-hPbKW99gdW.jpg Ilustrasi tes diabetes. (Foto: Tesa/Pixabay)

DIABETES merupakan salah satu masalah kesehatan yang banyak terjadi di Indonesia. Indonesia menjadi 1 dari 10 negara dengan jumlah penderita diabetes tertinggi di dunia pada 2019. Jumlah penderita diabetes diperkirakan makin meningkat dan perlu adanya intervensi untuk mencegah serta mengelola diabetes.

Guna mengatasi jumlah pasien diabetes yang terus meningkat, sejumlah ahli kesehatan mengembangkan pedoman untuk mencegah dan mengelola penyakit tersebut. Dalam menangani diabetes, Perhimpunan Endokrinologi Indonesia (PERKENI) telah menetapkan bahwa tingkat HbA1c pasien harus mencapai 7 persen.

Baca juga: Terungkap, Gangguan Pendengaran Bisa Jadi Gejala Diabetes Tipe 2 

Menurut Ketua PERKENI, Profesor Dr dr Ketut Suastika SpPD-KEMD, lebih dari 70 persen pasien diabetes di Indonesia tidak berhasil mencapai target tersebut akibat prosedur yang kompleks. Pasien yang menjalani terapi insulin biasanya membutuhkan lebih dari satu suntikan insulin setiap harinya.

Hal itu berfungsi untuk menjaga gula darah dengan baik. Meski demikian, prosedur terapi yang kompleks dapat menurunkan tingkat kepatuhan pasien dalam menjaga gula darahnya dan menyebabkan kegagalan dalam menurunkan tingkat HbA1c yang ditargetkan.

Ilustrasi diabetes. (Foto: Boldsky)

"Meski insulin sudah ada selama 100 tahun lalu, selalu ada tantangan dan kebutuhan pasien yang belum terpenuhi ketika melakukan terapi insulin. Pasien membutuhkan prosedur terapi yang lebih sederhana," terang Prof Suastika dalam webinar 'Experience the Freedom with Co-formulation Insulin', Kamis 25 Februari 2021.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, Prof Suastika mengatakan bahwa saat ini terdapat terapi baru pertama di dunia. Terapi tersebut adalah Co-Formulation Insulin yang menggabungkan dua jenis insulin dalam satu suntikan. Tentunya terapi kontrol gula darah ini jadi makin mudah untuk dilakukan.

Baca juga: Jus Tomat dan Teh Hitam Ternyata Ampuh Turunkan Gula Darah Penderita Diabetes 

"Co-Formulation Insulin merupakan terapi pertama dan satu-satunya di dunia yang mengandung insulin degludecbasal generasi baru dan insulin aspart dalam satu suntikan. Inovasi ini dirancang untuk menyederhanakan terapi insulin sehingga lebih mudah dijalani hanya dengan satu kali suntikan sehari dan tidak membutuhkan re-suspensi," lanjutnya.

Selain itu, inovasi ini juga aman karena memiliki risiko hipoglikemia yang rendah dan terbukti dapat menurunkan tingkat HbA1c serta mengontrol gula darah setelah makan.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini