Diet Rendah Karbohidrat, Konsumsi 6 Jenis Sayuran Ini Saja

Iman Firmansyah, Jurnalis · Jum'at 26 Februari 2021 08:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 26 481 2368600 diet-rendah-karbohidrat-konsumsi-6-sayuran-ini-saja-SR00GibHSJ.jpg Ilustrasi sayuran yang baik untuk program diet rendah karbohidrat. (Foto: Timolina/Freepik)

SAYURAN rendah karbohidrat menjadi salah satu asupan sehat yang dipilih oleh pelaku program diet. Ini menjadikannya makanan yang ideal dalam menjalankan diet rendah karbohidrat.

Ketika menerapkan program diet rendah karbohidrat, memungkinkan seseorang mengonsumsi kurang dari 150 gram karbohidrat setiap hari. Namun bagi sebagian orang, bisa saja mencapai 20 gram. Langkah yang terbaik adalah memasukkan lebih banyak sayuran dalam program diet yang dijalani.

Baca juga: Ini Trik Khusus Membuat Anak Suka Makan Sayuran, Yuk Diterapkan 

Lalu apa saja sayuran rendah karbohidrat yang baik untuk diet? Berikut daftarnya, sebagaimana dijelaskan laman Times of India.

1. Terong

Terong ternyata kaya akan vitamin dan mineral dan juga dapat menurunkan kolesterol dan mengontrol kesehatan jantung secara teratur. Terong juga memiliki antioksidan nasunin yang dapat meningkatkan kesehatan otak dan memperlambat degenerasi.

Paprika. (Foto: Freepik)

2. Paprika

Paprika yang memiliki warna merah, kuning, dan hijau sangat bergizi. Jenis sayuran ini mengandung antioksidan dan melindungi tubuh terhadap kanker, kolesterol, serta mengurangi peradangan.

3. Jamur

Jamur merupakan salah satu sayuran dengan karbohidrat terendah dan memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat besar sehingga dapat ditambahkan ke berbagai hidangan makanan.

Baca juga: Yuk Terapkan 4 Langkah Bersih untuk Sayur dan Buah 

4. Bayam

Bayam adalah salah satu sayuran berdaun yang memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa bagi tubuh karena bagus untuk kesehatan jantung dan dapat mengurangi risiko penyakit mata juga. Bayam juga kaya vitamin dan mineral.

5. Kembang kol

Kembang kol termasuk jenis sayuran serbaguna dan cukup populer di kalangan pelaku diet. Anda mungkin sering menggunakannya sebagai gorengan, dicampur dengan nasi, atau dapat ditambahkan ke segala jenis makanan. Kembang kol juga kaya akan serat dan vitamin.

Baca juga: Tinggi Protein, 5 Sayuran Ini Sangat Diperlukan Tubuh 

6. Brokoli

Brokoli diyakini dapat mengurangi resistensi insulin pada penderita diabetes tipe 2. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa brokoli membantu melindungi dari jenis berbagai kanker dan kaya akan vitamin C dan K.

Brokoli. (Foto: Shutterbug75/Pixabay)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini