Pakar Kesehatan Jamin Lansia Aman Dapat Vaksinasi Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 26 Februari 2021 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 26 481 2368670 pakar-kesehatan-jamin-lansia-aman-dapat-vaksinasi-covid-19-Z6fLR5YnNK.jpg Ilustrasi vaksinasi covid-19 untuk lansia. (Foto: Freepik)

PEMERINTAH mulai melakukan vaksinasi covid-19 terhadap kelompok lanjut usia atau lansia. Upaya ini tentu saja demi terciptanya kekebalan kelompok (herd immunity) sekaligus memberi perlindungan kepada mereka yang sangat berisiko terpapar virus corona.

Para lansia pun diimbau jangan takut untuk disuntikkan vaksin covid-19. Sebab, hasil uji klinis vaksin covid-19 di luar negeri, seperti China dan Brasil, memberikan gambaran bahwa penyuntikan vaksinasi ke lansia aman.

Baca juga: Alasan Lansia Jadi Prioritas Disuntik Vaksin Covid-19 

"Bahkan di beberapa negara ada lansia berusia 80 tahun yang divaksinasi. Mereka tak mengalami efek samping serius. Aman," ungkap pakar kesehatan dari Universitas Indonesia Profesor Tjandra Yoga Aditama dalam keterangan resmi yang diterima MNC Portal, Jumat (26/2/2021).

Pada awalnya vaksinasi lansia yang sudah dilakukan baru dimulai untuk profesi tenaga kesehatan. Sebagian dari 11.600 tenaga kesehatan berusia lanjut pun sudah mendapat suntikan vaksin tersebut. Setelah itu, diberikan kepada profesi lain yang lansia pula.

Baca juga: Ini 3 Pertanyaan untuk Lansia Sebelum Divaksin Covid-19 

Berdasarkan data dari Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) dalam laman covid19.id, angka kematian lansia akibat covid-19 sebanyak 48,3 persen. Sebagian besar mereka berusia di atas 59 tahun. Sebaliknya yang sembuh justru lebih banyak yang berusia 19–59 tahun.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan "lampu hijau" vaksinasi untuk lansia pada 7 Februari 2021 setelah mendapat informasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bahwa vaksin covid-19 untuk lansia sudah mendapat izin penggunaan darurat (EUA).

Seperti halnya vaksinasi pada orang dewasa, vaksinasi lansia juga diberikan dalam dua dosis. "Cuma bedanya ada di rentang pemberian dosis kedua. Jika pada orang dewasa rentangnya 14 hari, pada lansia rentangnya 28 hari," tambah Prof Tjandra.

Baca juga: Kemenkes Sebut Tak Ada Efek Samping Serius Vaksinasi Covid-19 

Namun perlu diketahui, vaksinasi hanyalah salah satu cara untuk mencegah dan memutus rantai penularan covid-19. Program ini harus tetap dibarengi langkah lain seperti 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun) serta 3T (testing, tracing, dan treatment).

Pada testing atau pemeriksaan misalnya, pemerintah sudah mengesahkan penggunaan GeNose C19 sebagai salah satu alat skrining covid-19 untuk pengguna jasa perjalanan udara yang mulai berlaku pada April mendatang. Ini karena, menurut penjelasan di laman Satgas Covid-19, ampuh untuk mendeteksi virus covid-19. Diharapkan langkah ini –dibarengi vaksinasi– berpotensi bisa meningkatkan mobilitas publik di tengah pandemi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini