Pentingnya Zat Besi dan Vitamin C untuk Anak Genarasi Maju

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 26 Februari 2021 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 26 481 2368673 pentingnya-zat-besi-dan-vitamin-c-untuk-anak-genarasi-maju-MmnDHNqVUQ.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Nutrisi, zat besi dan kebutuhan vitamin C sangat baik untuk perkembangan dan pertumbuhan anak. Namun apabila kekurangan zat besi, bisa memengaruhi lima aspek tumbuh kembang anak, yakni kognitif, fisik, emosi, sosial dan bahasa.

"Selain nutrisi yang lengkap, stimulasi juga penting untuk mengasah potensi prestasi pada anak terutama dengan adanya berbagai tantangan saat ini,," kata Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani dalam webinar Dukung Anak Generasi Maju Tumbuh Maksimal, Sarihusada Luncurkan SGM Eksplor Pro-gress Maxx dengan IronC beberapa waktu lalu.

Jeruk

Ia melanjutkan, pada kondisi seperti sekarang ini, orangtua dan anak harus menyesuaikan diri dengan berbagai kondisi yang kian berubah setiap saatnya, serta tak menentu.

"Sehingga anak dituntut untuk dapat berpikir cepat, tangguh, percaya diri, tumbuh tinggi, dan aktif bersosialisasi untuk dapat menjadi anak generasi maju," terangnya.

Kemudian senada dengan Anna, President of Indonesian Nutrition Association (INA), sekaligus Dokter Spesialis Gizi Klinis, Dr. dr. Luciana B. Sutanto menuturkan, bahwasannya kekurangan zat besi dapat menyebabkan anak jadi kurang konsentrasi dan fokus, serta sulit bersosialisasi.

“Kekurangan zat besi pada anak berpotensi menghambat pertumbuhan kognitif, motorik, sensorik, dan sosial anak. Jika tidak ditangani secara tepat, dampaknya bisa jadi permanen," ujarnya.

Baca Juga : Pakai Dress Ketat, Wika Salim Bikin Netizen Gagal Fokus!

anak minum susu

Agar mencegah itu semua, kata dr Luciana, para orangtua bisa memberikan makanan yang kaya zat besi seperti daging merah, hati, ikan, ayam, bayam dan susu.

Baca Juga : Pamela Safitri Seksi Pakai Coat Pamer Belahan Dada, Bikin Gak Mau Kedip!

Selain itu memberikan makanan yang mengandung vitamin C tak kalah penting untuk mendukung penyerapan zat besi. Sehingga anak menjadi aktif, dan konsentrasinya tak terganggu.

"Kami percaya kemajuan bangsa Indonesia di masa depan bergantung pada kualitas anak-anak masa kini. Terlebih, saat ini anak-anak Indonesia butuh bantuan dalam mengatasi tantangan kesehatan seperti kondisi kekurangan zat besi," kata Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo.

Sementara itu, pesinetron Alyssa Soebandono pun menyadari pentingnya zat besi dan vitamin C untuk tumbuh kembang kedua buah hatinya.

"Tentunya saya sebagai seorang bunda memiliki harapan untuk kedua orang anak saya, Rendra dan Malik, supaya bisa menjadi anak yang selalu aktif, mau belajar, dan ingin memenuhi rasa ingin tahunya," pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini