Bisakah Vaksin Flu Cegah Pneumonia?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 26 Februari 2021 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 26 481 2368758 bisakah-vaksin-flu-cegah-pneumonia-uqoH1tSA2P.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Kesulitan dokter mendiagnosis serta meresepkan obat membuat penyakit pneumonia dianggap cukup sulit untuk ditangani. Meski begitu, penyakit yang menginfeksi jaringan paru-paru tersebut dapat dicegah.

Ya, ada upaya pencegahan yang bisa Anda lakukan supaya tidak terpapar infeksi pneumonia. Salah satunya adalah dengan vaksinasi flu.

"Mendapatkan vaksin flu juga dapat membantu, karena virus dapat menyebabkan infeksi pneumonia," papar Ahli Paru di NewYork-Presbyterian dan Columbia University Irving Meical Center, dr Luke Benvenuto, MD, dikutip dari laman Health.

Bersin

Vaksin yang melindungi seseorang dari pneumonia bakterial tersedia untuk orang yang berusia di atas 65 tahun dan untuk anak kecil, serta merupakan alat pencegahan yang sangat efektif. Baik orang dewasa yang lebih tua dan anak-anak di bawah 5 tahun memiliki risiko tinggi tertular pneumonia.

Baca Juga : Gaya Amanda Manopo Naik Moge Bikin Netizen Syok: Bu Bos Gagah

Baca Juga : Waspadai Pneumonia, Infeksi Paru yang Ditandai Sering Merasa Lelah

Vaksin

Perokok dan orang dengan kondisi medis tertentu, seperti diabetes atau penyakit jantung, juga lebih mungkin terkena pneumonia dibandingkan yang lain.

Selain vaksinasi flu, pencegahan pneumonia yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan hidup sehat serta menjalankan protokol kesehatan.

Pneumonia virus sangat mudah menular dan karena itu, bersin atau batuk menyebarkan kuman ke udara. Untuk menghindari penyakit ini, ikuti kebiasaan baik yang sama seperti Anda menghindari pilek.

"Jadi, rajin-rajinlah cuci tangan dengan sabun, bersihkan permukaan tempat kuman dapat menempel (seperti gagang pintu), dan ketika Anda bersin usahakan bersin ke siku tangan, bukan ke telapak tangan," tambah dr Benvenuto.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini