Yuk Disimak, Begini Cara Daftar Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 26 Februari 2021 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 26 481 2368782 yuk-disimak-begini-cara-daftar-vaksinasi-covid-19-untuk-lansia-7Vo7rE1yIL.jpg Ilustrasi vaksinasi covid-19 untuk lansia. (Foto: Okezone)

VAKSINASI covid-19 untuk lansia dan pekerja publik telah dimulai. Dua kelompok ini masuk daftar prioritas vaksinasi tahap kedua dari pemerintah. Kedua kelompok ini menjadi prioritas karena termasuk masyarakat yang rentan terinfeksi virus corona.

Sebagaimana diketahui, lansia berusia di atas 60 tahun berisiko mengalami sakit parah, bahkan memiliki angka kematian yang tinggi, apabila terinfeksi covid-19. Hal ini disebabkan penyakit komorbid (penyerta) yang dimilikinya. Alhasil, vaksinasi menjadi pilihan utama untuk melindungi kelompok tersebut.

Baca juga: Pakar Kesehatan Jamin Lansia Aman Dapat Vaksinasi Covid-19 

Merangkum dari unggahan akun Instagram Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) @lawancovid19_id, Jumat (26/2/2021), vaksinasi covid-19 untuk lansia dapat dilakukan di fasilitas layanan kesehatan seperti puskesmas atau rumah sakit milik pemerintah dan swasta.

Vaksinasi covid-19 untuk lansia. (Foto: Kemenkes)

Opsi lainnya yakni dengan vaksinasi massal oleh organisasi atau institusi yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan atau dinas kesehatan setempat. Misalnya, organisasi para pensiunan ASN, TNI, Polri, dan organisasi keagamaan atau kemasyarakatan lainnya.

Adapun pendaftaran vaksinasi covid-19 untuk lansia di fasilitas layanan kesehatan harus melalui beberapa tahap. Apa saja? Yuk disimak urutannya.

Baca juga: Faktor Imunitas dan Komorbid Jadi Dasar Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia 

1. Mendaftar dengan mengunjungi tautan yang disediakan oleh Kemenkes di https://s.id/pendaftaran-lansia.

2. Isi formulir pendaftaran sesuai kota domisili dengan menjawab sejumlah pertanyaan di dalamnya.

3. Peserta lansia dapat mengisi formulir sendiri atau meminta bantuan anggota keluarga lain atau melalui kepala RT atau RW.

4. Seluruh data peserta akan masuk ke dinas kesehatan provinsi masing-masing yang akan menentukan jadwal dan termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi.

Selain itu, KPCPEN juga menjelaskan vaksinasi massal yang diselenggarakan oleh organisasi atau institusi dapat diselenggarakan dengan beberapa syarat. Di antaranya:

1. Organisasi tersebut wajib bekerja sama dengan Kemenkes atau dinas kesehatan setempat (provinsi atau kabupaten/kota) untuk pelaksanaan vaksinasi massal.

2. Harus menyediakan narahubung perwakilan yang berasal dari provinsi atau kabupaten/kota dan wajib dapat dihubungi oleh panitia penyelenggaran ataupun pasien.

Baca juga: Swasta Beli dari Pemerintah untuk Vaksinasi Mandiri

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini