Terinfeksi Covid-19, Berikut Ini Gejala yang Akan Hilang dalam Waktu Lama

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 26 Februari 2021 13:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 26 481 2368786 terinfeksi-covid-19-berikut-ini-gejala-yang-akan-hilang-dalam-waktu-lama-0lxr48Nzdl.jpg Terinfeksi Covid-19 (Foto: Today Show)

Melawan infeksi Covid-19 bisa menjadi pertempuran yang panjang dan sulit. Pada saat yang sama, ada juga beberapa tanda dan gejala yang membutuhkan waktu yang lama untuk hilang.

Bahkan setelah dites negatif, beberapa pasien melaporkan masih mengalami sejumlah gejala, yang memengaruhi mereka secara fisik dan mental.

 terinfeksi Covid-19

Sementara risiko seseorang terkena sindrom pasca Covid-19 sangat bergantung pada usia, faktor risiko, dan tingkat keparahan infeksi. Para ahli kini telah mengamati pola gejala yang umum terjadi pada pasien, yang terus berlanjut.

Berdasarkan studi terbaru yang dilakukan oleh University of Washington pada 177 orang yang dites positif terkena Covid-19 pada 2020, ada beberapa gejala yang lebih umum dan mungkin membutuhkan jangka waktu lama untuk hilang seperti dilansir dari Times of India.

1. Kehilangan penciuman

Untuk pasien yang menderita serangan virus pada indra penciuman mereka, butuh waktu lama untuk pulih kembali. Laporan penyintas Covid-19 juga merinci bagaimana pasien mungkin harus menjalani uji coba yang lama sebelum mereka dapat mulai mengendus kembali rasa dan aroma secara normal.

Meskipun gejalanya mungkin tidak berubah menjadi hilang secara permanen, melakukan pelatihan penciuman, aktivitas rutin yang mengaktifkan indra Anda bisa menjadi cara untuk sembuh lebih cepat.

2. Kelelahan ekstrim

Saat ini, mengalami kelelahan ekstrim adalah salah satu gejala utama pasien yang menderita Covid-19. Ini karena bagian tubuh yang biasa menghasilkan antibodi sebagai respons terhadap virus menjadi lemah. Sistem kekebalan juga dapat menghasilkan sitokin yang dapat mengakibatkan gejala yang mengerikan seperti kelelahan.

3. Sesak napas

Bagi pasien yang memang mengalami komplikasi pernapasan terkait dengan Covid-19 seperti kesulitan bernapas adalah keluhan yang umum. Para peneliti kini juga mengamati bahwa mengalami masalah pernapasan dapat membuat pasien menderita masalah kronis di kemudian hari, termasuk sesak napas dan kerusakan kantung udara di paru-paru. Latihan pernapasan ekstensif dan dukungan oksigen mungkin diperlukan untuk melanjutkan fungsi pernapasan normal.

4. Sakit kepala

Mengalami sakit kepala dapat melemahkan dan menyulitkan seseorang untuk melakukan tugas dan tugas normal. Beberapa juga menganggapnya sebagai gejala yang bertahan lebih lama dari virus.

5. Pegal-pegal

Nyeri otot dan tubuh adalah cara lain virus menghancurkan serat otot yang penting, menyebabkan peradangan yang meluas di tubuh. Ini juga bisa menjadi gejala yang bisa dirasakan pasien untuk waktu yang sangat lama.

Dalam kasus Covid-19 yang parah, sakit punggung, nyeri tubuh, nyeri otot, dan radang sendi dapat dialami selama berbulan-bulan. Meskipun tidak ada obat untuk mengatasi masalah ini, perawatan dan latihan jangka panjang yang meningkatkan kelincahan tubuh mungkin diperlukan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini