5 Makanan Penghangat Tubuh saat Cuaca Dingin, Sehat dan Alami

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Jum'at 26 Februari 2021 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 26 481 2368847 5-makanan-penghangat-tubuh-saat-cuaca-dingin-sehat-dan-alami-OC1nFeT5h6.jpg Ilustrasi makanan penghangat tubuh saat cuaca dingin. (Foto: Sabrina Ripke/Pixabay)

SELAMA musim hujan, cuaca dingin akan menerjang terus-menerus. Setiap orang pun memerlukan jaket atau bahkan beberapa lapis baju untuk menghangatkan tubuh. Namun sebenarnya ada beberapa makanan penghangat tubuh dari dalam yang menyehatkan dan alami.

Makanan, rempah-rempah dan minuman tertentu bisa dimasukkan ke menu makanan untuk menghasilkan panas dari dalam tubuh secara alami. Makanan tambahan ini sangat berguna bagi orang yang mudah kedinginan atau berdaya tubuh lemah.

Baca juga: 4 Rutinitas Pagi Ini Bikin Anda Tetap Bugar saat Musim Hujan 

Nah, apa saja makanan penghangat tubuh itu? Berikut daftarnya, seperti dilansir laman NDTV.

1. Camilan buah kering

Buah ara atau tin, salah satu buah-buahan kering yang dapat menghangatkan tubuh ketika cuaca dingin. Buah kering lain yang sangat baik dikonsumsi selama musim dingin adalah kurma dengan menambahkannya ke susu hangat. Buah ara dan kurma kaya kalsium serta zat besi dan bersifat menghangatkan, juga meningkatkan energi tubuh.

Minyak samin. (Foto: Zeenews)

2. Ghee/minyak samin

Ghee atau minyak samin adalah bahan yang dapat digunakan untuk menghangatkan tubuh secara alami. Ghee kaya lemak tak jenuh yang berguna menjaga tubuh tetap hangat. Lalu juga sebagai sumber energi yang menghilangkan kelesuan saat cuaca dingin.

Baca juga: Tips Ampuh Cegah Infeksi Jamur saat Musim Hujan 

3. Sayuran akar

Beberapa sayuran akar yang hangat termasuk wortel, lobak, kentang, bawang merah, dan bawang putih. Sayuran ini dicerna lebih lambat di dalam tubuh sehingga menghasilkan lebih banyak panas.

4. Madu

Ganti gula dengan madu sebagai pemanis minuman di kala cuaca dingin. Madu secara alami bersifat hangat, namun penderita diabetes mungkin perlu berhati-hati saat menggunakan madu selama musim dingin.

Baca juga: Kasus Kematian Akibat Kanker Paru Meningkat 18% pada 2020

5. Rempah-rempah

Tambahkan rempah-rempah seperti cengkih, kayu manis, jahe, dan lain-lain ke makanan untuk rasa dan kehangatan yang ekstra. Rempah-rempah ini dapat ditambahkan ke kari, teh, dan kopi, atau pada minuman panas apa pun selama cuaca dingin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini