FDA Longgarkan Aturan Penyimpanan Vaksin Covid-19 Pfizer

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 26 Februari 2021 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 26 481 2368901 fda-longgarkan-aturan-penyimpanan-vaksin-covid-19-pfizer-T10Cw3iZmg.jpg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

Food and Drug Administration (FDA) atau badan pengawas makanan dan obat Amerika, baru-baru ini telah melonggarkan aturan perihal tata cara penyimpanan vaksin Covid-19 dari Pfizer.

Mengutip Newser, Jumat (26/2/2021) pada Kamis 25 Februari kemarin FDA baru saja membuat proses distribusi vaksin Pfizer menjadi lebih mudah dengan menurunkan soal aturan suhu penyimpanan vaksin, dengan menyebutkan vaksin Covid-19 Pfizer bisa disimpan dalam keadaan suhu temperatur freezer yang biasa.

Menurut laporan The Hill, Pfizer sendiri mengharuskan vaksin disimpan dalam suhu minus 76 derajat Fahrenheit sampai minus 112 derajat Fahrenheit. Tapi persyaratan ini, secara di lapangan menimbulkan banyak kerumitan, apalagi di daerah-daerah terpencil yang tidak mempunyai peralatan memadai untuk penyimpanan vaksin.

vaksin covid-19

FDA akhirnya mengatakan, produk vaksin Pfizer bisa disimpan dengan aman dalam suhu konvensional yang biasa terdapat di freezer farmasi untuk jangka waktu hingga dua minggu. Dari keterangan salah seorang pejabat resmi FDA, perubahan ini ditujukan untuk mempermudah proses distribusi ke banyak tempat dan meringankan beban pengadaan peralatan penyimpanan di lokasi vaksinasi.

Baca Juga : Gaya Amanda Manopo Naik Moge Bikin Netizen Syok: Bu Bos Gagah

Sementara itu, dalam suatu studi penelitian pekan lalu, menemuka bahwa aman-aman saja menyimpan vaksin pada suhu freezer normal. Vaksin biasanya dikemas dengan dry ice dalam wadah termal saat perjalanan mencapai lokasi vaksinasi.

Dalam panduan baru untuk penyedia jasa layanan kesehatan, FDA mengatakan masih lebih baik vaksin disimpan di penyimpanan ultra-dingin. Tetapi di sisi lain, FDA juga akan mengizinkan penyimpanan di freezer standar farmasi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini