Ini Alasan Harus Mandi Air Dingin Usai Treatment Kulit Wajah

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 28 Februari 2021 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 26 611 2369061 ini-alasan-harus-mandi-air-dingin-usai-treatment-kulit-wajah-cugtZ70jvZ.jpg Usai treatment kulit wajah harus mandi air dingin (Foto: Twitter)

Dunia industri estetika semakin hari semakin berkembang pesat. Untuk perawatan kesehatan dan keindahan kulit wajah, kini makin beragam jenis perawatan yang tersedia di pasaran.

Mulai dari treatment yang menggabungkan tiga teknologi laser dan cahaya, rejuvenation, sampai photo facial dan aneka jenis treatment lainnya yang semuanya berfungsi bisa menyehatkan kulit wajah secara menyeluruh.

 mandir air dingin

Sebut saja mulai dari menghilangkan sel-sel kulit mati, meratakan warna kulit dan bekas luka ringan, merangsang produksi kolagen, mengurangi garis halus dan bintik penuaan. Mengecilkan pori-pori, mengurangi produksi minyak, memperbaiki tekstur, mengencangkan, mencerahkan dan melembapkan kulit.

Tapi tahukah Anda, jika sebetulnya usai melakukan treatment sejenis ini disarankan selama dua hari pasca-treatment untuk mandi dengan menggunakan air dingin?

Ternyata alasannya, seperti diungkapkan Dr. Syafrizal Ahmad Syarif, ialah untuk menghindari terjadinya perubahan pigmen pada kulit.

“Kenapa after treatment mandi pakai air dingin, karena saat mandi pakai air hangat itu terjadi perubahan pigmen melamin, makanya kulit jadi kemerahan,” tutur Dr. Syafrizal Ahmad Syarif, dalam gelaran media meet up virtual, Jumat (26/2/2021).

Ia menambahkan, jika terjadi perubahan pigmen melamin karena kulit terkena kontak dengan air hangat. Maka proses kulit untuk bisa ‘cooling down’ akan jadi lebih lama, sehingga akhirnya manfaat dari treatment kulit wajah yang dilakukan akan semakin lama pula terlihat hasilnya.

“Treatment ini kan kita lakukan agar respon kulit menjadi cepat, ya kalau responnya lama ya hasil perawatannya semakin lama karena kulit enggak cooling down,” pungkasnya.

Selain mandi dengan air dingin, dua hari setelah perawatan disarankan jika ingin berolahraga, maka harus menghindari jenis olahraga yang terlalu berlebihan atau tipe olahraga yang membuat keringat berlebih.

Untuk membersihkan wajah dengan sabun pencuci wajah atau cleanser, harus menggunakan sabun face wash yang tidak ada kandungan scrub di dalamnya. Terakhir, tidak boleh absen untuk memakai sunblock atau sunscreen jika berpergian atau beraktivitas yang terkena paparan sinar matahari.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini