4 Manfaat Jeruk Nipis, Salah Satunya Meremajakan Kulit

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 28 Februari 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 26 611 2369065 4-manfaat-jeruk-nipis-salah-satunya-meremajakan-kulit-qqaK60wYBR.jpg Meremajakan kulit dengan jeruk nipis (Foto: Pinterest)

Menghadapi  pandemi Covid-19 kita sebaiknya sering mengonsumsi makanan sehat. Salah satunya jeruk nipis yang terkenal manfaatnya bagi kesehatan.

Saat sedang terserang flu sebaiknya orang juga sering mengonsumsi jeruk nipis. Sebab vitamin C-nya sangat banyak dan berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Seperti dilansir dari Healthline, apa saja manfaat jeruk nipis?

jeruk nipis

1. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat lain dari air jeruk nipis adalah membantu mengontrol berat badan Anda. Asam sitrat yang ada dalam jeruk nipis dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Ini juga membantu untuk membakar lebih banyak kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak. Sempatkan setidaknya 30 menit sehari untuk berolahraga. Pola makan yang sehat juga penting untuk menurunkan berat badan.

2. Meremajakan kulit

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan flavonoid yang dapat melembapkan dan meremajakan kulit. selain itu, jeruk npis juga mengandung antioksidan yang dapat memperkuat kolagen. Ini juga dapat membuat kulit tampak lebih sehat. Aplikasikan air jeruk nipis pada wajah.

Namun, Anda tidak disarankan terkena sinar matahari setelah mengaplikasikan jeruk nipis pada wajah. Sebab ini bisa luka bakar yang menyakitkan.

3. Meningkatkan sistem pencernaan

Sifat asam dari jeruk nipis membantu air liur memecah makanan agar pencernaan lebih baik. Selain itu, flavonoid dalam jeruk nipis dapat merangsang sekresi cairan pencernaan.

Jika Anda sedang sembelit, keasaman jeruk nipis dapat membersihkan sistem ekskretoris dan merangsang aktivitas usus. Minum segelas air hangat dengan 2 sendok teh air jeruk nipis 30 menit sebelum makan.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Minum air hangat yang dicampur dengan jeruk nipis dapat membuat Anda tetap sehat. Vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus penyakit.

Jika sedang sakit, jeruk nipis dapat membantu penyembuhan lebih cepat. Makanya jeruk nipis sangat cocok dikonsumsi selama pandemi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini