9 Cara Menumbuhkan Janggut dengan Cepat, Salah Satunya Dipijat

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Jum'at 26 Februari 2021 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 26 612 2368823 9-cara-menumbuhkan-janggut-dengan-cepat-salah-satunya-dipijat-YqDzw5dHxT.jpg Ilustrasi janggut pria. (Foto: StockSnap/Pixabay)

BAGI sebagian pria, janggut atau jenggot dapat menambah percaya diri dan terlihat lebih maskulin. Dalam menumbuhkan janggut dibutuhkan waktu, karena ada beberapa cara untuk membantu mempercepat pertumbuhannya.

Meskipun genetika dan usia adalah faktor utama yang menentukan laju pertumbuhan janggut beserta kualitasnya, ada beberapa cara tertentu yang dapat membuatnya cepat tumbuh.

Baca juga: Perempuan Punya Kumis atau Janggut, Kelainan Hormon? 

Berikut ini cara ampuh menumbuhkan janggut secara cepat, sebagaimana dijelaskan laman Boldsky. Yuk disimak.

1. Jaga kebersihan kulit

Basuh wajah setiap pagi hari dengan pembersih yang lembut. Menjaga kulit tetap bersih dan menghilangkan kotoran dapat meningkatkan pertumbuhan janggut.

Janggut. (Foto: Pexels/Pixabay)

2. Eksfoliasi secara teratur

Eksfoliasi atau mengangkat sel-sel kulit mati berperan besar dalam pertumbuhan janggut. Jika folikel rambut tidak dijaga kebersihannya, maka pertumbuhan janggut akan terhambat. Gunakan eksfoliator yang lembut untuk membersihkan pori-pori dan menyegarkan folikel rambut setidaknya seminggu sekali.

3. Jaga agar tetap lembap

Jika janggut tidak dirawat maka akan kasar. Anda perlu melembapkan dan kondisioner janggut agar tetap sehat dan mendorong pertumbuhan yang kuat.

Baca juga: Tampil Maskulin dengan Janggut, Simak 4 Tipsnya 

4. Perhatikan kulit bagian bawah

Seringkali seseorang merawat janggut, tapi lupa memerhatikan kulit di bawahnya. Untuk mendapatkan pertumbuhan janggut yang indah perlu perawatan hingga akarnya. Jadi, oleskan minyak janggut hingga bagian bawah kulit.

5. Jangan digaruk

Saat ingin menumbuhkan janggut, dalam beberapa minggu pertama mungkin akan terasa gatal. Tapi, jangan menggaruknya. Menyentuh wajah atau janggut secara terus-menerus dapat menghambat pertumbuhannya.

6. Rawat

Tidak hanya rambut yang perlu dipangkas agar tumbuh lebih sehat, tetapi janggut juga memerlukannya. Saat dalam proses menumbuhkan janggut, potong dan rawat secara teratur. Ini juga akan memperindah tampilan janggut.

7. Makan sehat

Dalam proses menumbuhkan janggut, makanlah dengan sehat. Konsumsi protein dan buah-buahan, serta makanan yang kaya vitamin akan membantu meningkatkan pertumbuhan janggut.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG: Waspada Hujan Sangat Lebat di Jabodetabek Hari Ini

8. Pijat

Minyak esensial sama seperti asupan vitamin. Mengaplikasikannya dapat meningkatkan pertumbuhan janggut. Minyak atsiri kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk merangsang folikel rambut. Jadi, pijat janggut dengan minyak esensial.

9. Istirahat dengan baik

Selama tidur, sel-sel kulit memperbaiki dirinya sendiri dan dengan demikian akan menjaga kesehatannya. Kulit yang segar akan merangsang folikel rambut untuk meningkatkan pertumbuhan janggut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini