Halau Virus Corona, Desain Bangunan Tropis Paling Cocok Digunakan

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Jum'at 26 Februari 2021 21:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 26 612 2368982 halau-virus-corona-desain-bangunan-tropis-paling-cocok-digunakan-CpYHVb6uXd.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

MEMILIKI hunian sehat di masa pandemi Covid-19 diimpikan banyak orang. Bekerja dari rumah serta beraktivitas di dalam rumah jadi lebih nyaman.

Tentu Anda perlu memerhatikan desain hunian sehat agar bebas mendapatkan sirkulasi udara setiap hari. Begitu juga harus ramah lingkungan.

Lantas seperti apa kriteria rumah sehat versi para arsitek? Dijelaskan oleh Project Director of PDW Architects Moehamad Deni Desvianto, di masa pandemi ini sangat cocok bila keluarga memilih desain bangunan tropis.

 jendela

"Sekarang ini bangunan dengan sirkulasi udara dimanfaatkan sebaik mungkin. Baik itu rumah, kantor atau apartemen," katanya saat webinar “Making The World A Better Home” Saint Gobain Indonesia.

Deni menambahkan, meski dalam 10-20 tahun belakangan tren bangunan ber-AC maju pesat, bukan berarti ruangan harus tertutup rapat. Anda harus membuat ruangan dengan sirkulasi udara yang baik, serta memiliki lubang angin cukup.

Ditambahkan Dekan Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan Dr. Sri Maryanti, ST, MIP, saat ini jangan sekadar memikirkan bangunan hunian sehat, namun juga ramah lingkungan. Sebabnya, isu global juga akan sangat berpengaruh terhadap kondisi lingkungan.

"Belakangan terjadi perubahan iklim dan peningkatan temperatur. Makin lama makin panas, saat musim hujan itu banjir dan di beberapa daerah kekeringan, apalagi saat kemarau," katanya.

"Di musim kemarau di perkotaan atau desa bisa jadi kekurangan air. Tapi malah banjir di musim hujan, polusi enggak hanya tanah, tapi juga udara," lanjutnya.

Karena itu, ia mengajak semua orang berupaya mengintervensi masalah lingkungan, dimulai dari rumah masing-masing. Apakah Anda siap?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini