Percepat Vaksinasi Covid-19, Indonesia Harus Tambah Vaksinator Alternatif

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 26 Februari 2021 23:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 26 612 2369165 percepat-vaksinasi-covid-19-indonesia-harus-tambah-vaksinator-alternatif-Q0NWPyzIf2.jpg Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

PELAKSANAAN vaksinasi Covid-19 di Tanah Air sudah dilakukan sejak 13 Januari 2021. Tujuannya dalam upaya menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity), untuk menekan penularan Covid-19 di masyarakat.

Epidemiolog Universitas Griffith Australia, dr. Dicky Budiman mengatakan, saat ini vaksinasi berjalan lancar dan cenderung tidak ada masalah. Namun ada beberapa hal utama yang menjadi tantangan pemerintah, di antaranya adalah isu di sisi supply, distribusi dan operasional. 

“Itu tiga isu yang tetap menjadi tantangan, bukan hanya untuk Indonesia tapi juga untuk level global,” terang dr. Dicky, saat dihubungi oleh MNC Portal Indonesia melalui pesan singkat.

Dokter Dicky pun membahas tentang cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sisi operasional dalam program vaksinasi Covid-19. Salah satu caranya adalah dengan peningkatan jumlah sumber daya manusia (SDM). 

“Dari sisi vaksinator, jumlah lokasi maupun tempat yang bisa memberikan layanan vaksinasi juga bisa ditambah. Baik dari sisi kualitas dan kuantitasnya. Ini yang masih menjadi kendala di Indonesia, karena tidak mudah,” lanjutnya.

Meski agak sulit, dr. Dicky mengatakan peluang untuk menambah SDM vaksinator masih terbuka bagi Indonesia. Salah satu caranya dengan mulai menggunakan klinik swasta, dan juga organisasi kemasyarakatan dan keagamaan. Beberapa komponen itu bisa disinergikan dan dilibatkan secara aktif. 

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini