Supaya Lebih Berenergi saat Bangun Pagi, Ikuti 5 Cara dari Para Ahli Ini

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 27 Februari 2021 21:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 27 481 2369265 supaya-lebih-berenergi-saat-bangun-pagi-ikuti-5-cara-dari-para-ahli-ini-JzdtsdWVs2.jpg Ilustrasi bangun pagi lebih berenergi. (Foto: User18526052/Freepik)

SEJUMLAH orang mengungkapkan bangun pagi dalam kondisi lelah dan merasa kusut, padahal sudah tidur dalam waktu yang cukup. Ditambah lagi dengan level stres yang meningkat karena situasi pandemi covid-19.

Bangun tidur di pagi hari dengan semangat dan berenergi jadi hal penting agar bisa menjalani hari dengan optimal.

Baca juga: 4 Kesalahan Pagi Hari yang Sering Dilakukan Orang 

Lalu apa yang harus dilakukan agar bisa bangun tidur dengan lebih berenergi? Seperti dinukil dari laman Huffingtonpost, Sabtu (27/2/2021), berikut lima cara efektif dari para ahli supaya bisa bangun pagi dengan lebih berenergi.

1. Tarik napas dalam-dalam 10 kali

Salah satu efek stres adalah berkurangnya energi. Seperti disarankan Gregory Katz, dokter ahli jantung di Nuvance Health, hal pertama yang bisa dilakukan begitu bangun tidur di pagi hari adalah tarik napas dalam-dalam 10 kali.

"Saya mencoba diam dan fokus melakukan deep breathing selama beberapa menit sebelum memulai hari," kata dr Gregory.

Bangun pagi. (Foto: Tirachardz/Freepik)

2. Menghidrasi tubuh

Minum air mineral walau sedang tidak haus, bisa jadi suntikan booster bagi tubuh. Inilah kenapa banyak ahli nutrisi menyarankan saat bangun tidur biasakan langsung minum air mineral.

"Tetap terhidrasi membantu kita tetap berenergi karena air membantu oksigen bergerak ke seluruh tubuh. Makin efisien kita bisa mengirimkan oksigen ke otot dan organ tubuh, makin banyak energi yang kita miliki," kata ahli diet dan nutrisi Stephanie Nelson.

Baca juga: Kenapa Sih Kita Harus Bangun Pagi? Ini Sederet Keuntungannya 

3. Bergerak

Latihan fisik punya banyak manfaat untuk energi tubuh, mulai memompa endorfin (hormon yang membuat nyaman dan semangat) hingga meningkatkan konsentrasi sehingga seseorang jadi lebih siap mengerjakan tugas di hari itu.

Untuk aktivitas fisik pada pagi hari, dr Gregory Katz menyarankan bisa dengan melakukan gerakan senam, peregangan, atau gerakan yang sedikit lebih berat (apa pun yang membuat darah jadi mengalir).

4. Sarapan cukup dan sehat

Praktisi kesehatan Michele Smallidge mengatakan secara umum ada baiknya untuk mengikuti ritme alami tubuh ketika menyangkut makanan untuk meningkatkan energi di pagi hari. Untuk menu sarapan, ia merekomendasikan sebaiknya mengonsumsi makanan yang tinggi protein dan punya kandungan lemak sehat. Ini bisa membantu menjaga level energi sepanjang pagi.

Baca juga: Orang yang Rajin Bangun Berat Badannya Lebih Terkontrol Lho 

5. Jauhkan ponsel

Begitu bangun tidur di pagi hari, biasakan untuk jangan langsung meraih dan sibuk dengan ponsel. Ketika langsung meraih ponsel sebagai hal pertama yang dilakukan di pagi hari, maka pada dasarnya membiarkan seseorang atau sesuatu lain mendikte pikiran dan perasaan pertama yang dimiliki.

"Permulaan yang tenang di pagi hari, jauhkan diri dari menelusuri sosial media atau merespons email seputar pekerjaan. Dengan ini, Anda memberikan kesempatan pikiran agar bisa lebih fokus," pungkas dr Gregory Katz.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini